Layanan YouTube Go (Sumber gambar: Google)

Google Bakal Setop Layanan YouTube Go pada Agustus 2022, Ini Alasannya 

05 May 2022   |   14:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

YouTube, siapa yang tak kenal dengan platform video ini? Perangkat lunak berbasis web dan aplikasi ini telah menjadi salah satu alat yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia untuk menikmati konten video dari para kreator. 

Kesuksesan YouTube membuat perusahaan pengembangnya, yang tak lain adalah Google, untuk menghadirkan beragam versi salah satunya adalah YouTube Go, yang dirilis pada 2016 dengan target pengguna dengan perangkat kelas bawah dan pengguna di area dengan konektivitas yang masih belum bagus. 

Aplikasi YouTube Go sangat bermanfaat pada masanya dengan menawarkan berbagai fitur termasuk unduhan luring di berbagai tingkat kualitas, ukuran instalasi yang tidak besar, dan kemampuan untuk berbagi video secara lokal tanpa memakai perangkat. 

Akan tetapi setelah 6 tahun berjalan, Google memutuskan untuk menutup layanan platform video versi bawahnya itu. Hal ini diumumkan perusahaan lewat situs resminya. YouTube Go akan ditutup dan tidak bisa diakses lagi mulai Agustus mendatang. 

“Kami mengumumkan bahwa YouTube Go akan dihentikan mulai bulan Agustus. Untuk mengakses YouTube, sebaiknya pengguna YouTube Go memasang aplikasi utama YouTube atau mengunjungi Youtube.com di mesin pencari mereka,” tulis Google. 

Dalam keterangannya, Google menyatakan bahwa peluncuran YouTube Go pada 2016 dirancang untuk penonton di lokasi dengan konektivitas, harga data, dan perangkat kelas bawah, yang menghalangi mereka untuk memberi pengalaman terbaik pada plikasi utamanya. 

Sejak saat ini, perusahaan telah berinvestasi dalam peningkatan aplikasi utama YouTube, yang kini membuatnya memiliki kinerja lebih baik bagi seluruh pengguna termasuk mereka yang berada pada wilayah sasaran YouTube Go sebelumnya. 

Mereka menjabarkan secara khusus telah meningkatkan kinerja untuk perangkat tingkat pemula atau perangkat yang menonton YouTube di jaringan yang lebih lambat. Begitu juga dengan kontrol pengguna yang bisa mengurangi pemakaian data seluler. 

“Dengan memakai aplikasi utama, pengguna YouTube Go akan dapat berpartisipasi dan memiliki akses pengalaman yang telah ditingkatkan. Terima kasih kepada pengguna YouTube Go - Kami sangat senang menyambut Anda di komunitas utama aplikasi YouTube,” kata perusahaan. 



Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Mulai Tayang, Cek 7 Fakta Menarik Film Doctor Strange in the Multiverse Madness

BERIKUTNYA

Tiket Film 'Doctor Strange 2' Sold Out, TIX ID Alami Gangguan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: