Kucing merupakan salah satu hewan yang kerap menjadi peliharaan (sumber gambar ilustrasi: Pexels/Pixabay)

Ini Cara Meninggalkan Hewan Peliharaan Saat Libur Lebaran

04 May 2022   |   13:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Hewan peliharaan adalah salah satu yang menjadi perhatian bagi individu ketika akan bepergian mudik atau berwisata pada masa libur Lebaran. Kita  tidak mungkin meninggalkan begitu saja hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan binatang lainnya tanpa penjagaan.

Bukan tanpa sebab, kematian bisa menjadi salah satu risiko atau barang-barang seperti vas bunga dan sebagainya di rumah menjadi hancur jika hewan peliharaan kita tinggalkan tanpa perawatan dan pegawasan.

Banyak masyarakat kerap memelihara hewan peliharaan sebagai salah satu bentuk kegiatan di rumah. Hewan-hewan peliharaan itu bisa menjadi hiburan selepas kerja, dan menghilangkan stres. Ada berbagai jenis hewan peliharaan seperti burung, kucing, anjing, dan sebagainya yang kerap menjadi pilihan.

Saat harus mudik atau berlibur, hewan-hewan yang kita pelihara kerap tidak mungkin dibawa dengan berbagai alasan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat tetap meninggalkan hewan peliharaan:

1. Menitipkan pada Orang Terdekat

Orang terdekat seperti tetangga atau saudara bisa menjadi alternatif bagi kalian untuk menitipkan hewan peliharaan ketika akan mudik atau pergi berlibur.

Sebelum menitipkannya, pastikan orang terdekat yang ingin diminta tolong untuk bersedia dan tidak memiliki rencana bepergian selama kalian pergi. Kemudian, penuhi segala kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan, minuman, kandang, dan keperluan lainnya. 

Jangan lupa beli oleh-oleh untuk orang terdekat sebagai ucapan terima kasih karena bersedia dititipi hewan peliharaan.

2. Tempat Penitipan Hewan

Tempat penitipan hewan atau pet care merupakan alternatif lainnya bagi kalian yang ingin bepergian liburan Lebaran atau mudik. Sebelum menitipkan hewan peliharaan di pet care, cari tahu terlebih dahulu bagaimana pet care tersebut dalam merawat hewan peliharaan kita. Cek juga harga yang dikenakan, apakah sesuai dengan layanan yang diberikan. 

3. Sewa Orang

Langkah lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menyewa orang untuk memelihara hewan peliharaan kita. Dalam memilih orang untuk memelihara hewan, pastikan kita mengetahui latar belakang atau mengenalnya. Jika memungkinkan, pergunakan individu dari agen tertentu. 

Jangan sampai niat menyewa orang untuk menjaga hewan peliharaan malah menjadi petaka karena hewan peliharaan tidak terawat dan akhirnya mati  atau raib dibawa pergi. 

Selain itu, tanyakan juga harga atau biaya untuk menyewa dalam beberapa waktu tertentu. Jika memungkinkan, sekalian sewa orang yang dapat menjaga rumah ketika kita pergi berlibur atau mudik. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Enam Dekade Perjalanan Karier Mieke Wijaya

BERIKUTNYA

Nostalgia Karya Sinema Ikonik yang dibintangi Mieke Wijaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: