Maskapai AirAsia akan melayani penerbangan Kuala Lumpur-Lombok dan sebaliknya setiap hari. (sumber gambar: PT Angkasa Pura I)

Bandara Lombok Buka Kembali Rute Internasional

01 May 2022   |   16:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ada kabar gembira bagi para pelancong. Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali melayani penerbangan internasional mulai Minggu, 1 Mei 2022 setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 melanda dalam 2 tahun terakhir.

Para pelancong internasional diharapkan dapat berkunjung kembali dengan pembukaan rute internasional perdana yakni Kuala Lumpur-Lombok.

Pesawat AirAsia nomor registrasi PK-AZM dari Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan QZ-462 mendarat di Bandara Lombok pukul 11.57 WITA. Tercatat sebanyak 137 penumpang yang dibawa pesawat jenis Airbus A320 tersebut, yang sebagian besar merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali dari Kuala Lumpur. 

Faik Fahmi, Direktur Utama  Angkasa Pura I mengatakan optimistis jumlah kunjungan pelancong internasional di Provinsi NTB akan terdongkrak secara perlahan hingga memulihkan kembali sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19 selama lebih dari 2 tahun ini dengan beroperasinya rute internasional Kuala Lumpur, Malaysia-Lombok, Indonesia secara reguler. 

"Angkasa Pura I menyambut positif kembali beroperasinya rute internasional Kuala Lumpur-Lombok dari maskapai AirAsia," katanya. 

Dia menuturkan perusahaan berkomitmen untuk terus memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan internasional kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan dan pelayanan yang berlaku.

General Manager Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan menuturkan pembukaan kembali rute internasional ini merupakan momentum bagi kebangkitan pariwisata Lombok dan NTB. 

"Diharapkan hal ini menjadi pembuka bagi masuknya rute-rute internasional dari bandara lain menuju Lombok," katanya. 

Bandara Lombok, lanjutnya, siap melayani dengan sebaik-baiknya siapapun yang akan datang. Berkaca dari pengalaman menyambut para tamu event WSBK 2021 dan MotoGP Maret 2022 lalu, ujarnya, bandara siap menyambut kedatangan wisatawan internasional, termasuk juga para Pekerja Migran Indonesia PMI.

Maskapai AirAsia akan melayani penerbangan Kuala Lumpur-Lombok dan sebaliknya setiap hari. AirAsia QZ-462 dari Kuala Lumpur akan berangkat pukul 08.25 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 11.30 WITA. Sedangkan AirAsia QZ-463 akan berangkat dari Lombok pukul 10.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pukul 13.30 waktu setempat. 

“Kami berharap ke depan akan makin banyak maskapai yang memanfaatkan penerbangan internasional di Bandara Lombok, sehingga akan membawa dampak positif bagi industri pariwisata di Lombok dan NTB. Dengan demikian akan tercipta multiplier effect bagi kemajuan perekonomian daerah maupun nasional,” kata Adil. 

Sebagai informasi, bebas visa kunjungan khusus wisata dari 9 negara, dan Visa on Arrival (VoA) khusus wisata untuk 60 negara yang ditunjuk oleh Indonesia, sudah dapat diterapkan di Bandara Lombok. Kebijakan itu diharapkan menjadi stimulus dalam mempercepat pemulihan sektor wisata. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Aleix Espargaró Start Paling Depan di MotoGP Spanyol

BERIKUTNYA

4 Tip Makeup Tahan Seharian saat Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: