Ilustrasi peregangan tubuh. (Sumber gambar: )

4 Jenis Stretching yang Bisa Dilakukan di Kendaraan

01 May 2022   |   13:46 WIB

Saat melakukan perjalanan panjang, baik dengan mobil, bus, kereta api, maupun pesawat terbang, seringkali tubuh merasa lebih kaku atau menjadi agak berat untuk beraktivitas fisik yang ringa skeali pun. Untuk  itu, diperlukan peregangan (stretching) selama perjalanan agar otot tidak kaku.
 
Peregangan ini penting agar tubuh tetap bugar dan fit saat perjalanan, serta terbebas dari pegal linu sebagai dampak dari kurangnya aktivitas fisik.
 
Nah biar mudiknya lebih bugar, kita dapat melakukan empat jenis stretching saat berkendara yang bisa dilakukan sebanyak 2-5 kali. Akan tetapi, untuk yang mengendarai mobil pastikan bahwa stretching dilakukan saat kendaraan berhenti ya!
 

1. Stretching leher

Peregangan pada bagian leher dapat dilakukan beberapa cara, baik untuk bagian samping maupun bawah leher. Peregangan ini bisa dilakukan sambil berdiri maupun sambil duduk di kursi.
 
Untuk leher samping, cara yang bisa dilakukan adalah dengan duduk tegak dan miringkan kepala ke sisi kiri dan kanan masing-masing selama 5 detik.
 
Selanjutnya, duduk menghadap ke depan lalu miringkan kepala ke satu sisi dengan telinga menyentuh bahu hingga merasakan adanya peregangan pada leher. Lalu, ulangi langkah ini pada sisi lainnya.
 
Terakhir, peregangan leher belakang dilakukan dengan duduk tegak dan tundukkan kepala dengan dagu menyentuh dada, hingga merasakan peregangan pada bagian belakang leher. Lakukan gerakan ini selama 5 detik.
 

2. Stretching tubuh bagian atas

Peregangan ini akan membantu pada tubuh bagian atas seperti dada, pinggang, dan bahu. Untuk tahapan ini, kita dapat melakukannya dengan memutar tubuh ke satu sisi sambil memegang kursi selama 5 detik. Cara ini bisa diulangi ke sisi lainnya.
 

3. Stretching punggung dan bokong

Ada dua teknik peregangan yang bisa dilakukan pada dua bagian ini. Untuk peregangan bagian punggung, angkat bagian bokong perlahan ke depan dari kursi, sehingga membentuk lengkungan kecil pada tubuh. Lalu, tahan selama 5 detik dan perlahan tarik punggung ke posisi kursi.
 
Sedangkan untuk bagian bokong, putar bagian tubuh ke sisi kiri dan kanan bokong dari jangkauan kursi. Tahan selama 5 detik pada setiap sisi bokong, lalu ulangi di sisi lainnya.
 

4. Stretching lengan

Condongkan badan ke depan dan letakkan tangan ke bagian belakang atau punggung. Tarik bagian bahu ke belakang dan tahan selama 5 detik.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Museum MACAN Hadirkan Pameran POSE, Kolaborasi dengan Museum Seni Rupa dan Keramik

BERIKUTNYA

Pemprov DKI Jakarta Gelar Salat Idulfitri di JIS, Ini Moda Transportasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: