Jam tangan Casio G-Shock (Sumber gambar: Unsplash/Teng Yuhong)

Banyak Produk Palsu, Begini Cara Cek Jam Tangan Casio Asli 

29 April 2022   |   16:36 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jepang merupakan negara penghasil perangkat elektronik paling populer dan berkualitas. Salah satu perusahaan asal Negeri Sakura yang telah menjadi pemain utama di industrinya adalah Casio, sebagai merek jam tangan kenamaan karena desain yang praktis namun tetap fungsional.

Merek ini juga sempat mendapatkan perhatian publik luas ketika salah satu orang dari keluarga terkaya di dalam negeri, Grace Tahir, diketahui menggunakan jam tangan ini sebagai penunjang aktivitas sehari-harinya. 

Casio memang sangat populer, karena kualitas yang baik dan harga yang relatif murah. Sebagaimana banyak barang populer lainnya, muncul ragam barang palsu, tiruan, atau imitasi dari produk tersebut. 

Baca juga5 Jenis Jam Tangan Ini Perlu Kalian Ketahui Loh!

Meskipun terlihat sangat mirip, produk asli biasanya memiliki karakteristik dan tanda yang tidak bisa ditiru sembarang orang. Buat Genhype yang berencana untuk membeli jam tangan dari brand ini, berikut adalah cara cek jam tangan Casio asli atau palsu: 


1. Ukiran bagian belakang jam tangan 

Salah satu cara untuk mengecek keaslian dari jam tangan Casio adalah memeriksa ukiran yang ada pada bagian belakang casing-nya. Biasanya, ukiran pada jam asli akan terlihat lebih tegas dan detail, sementara produk palsu memiliki jejak ukiran yang tipis dan kabur. 


2. Tali jam tangan 

Cara lain untuk mengecek Casio asli atau palsu adalah melihat bagian tali atau gesper jam tangan. Pada perangkat asli, tulisan Casio di ujung gesper akan terlihat jelas dan memiliki warna yang cerah. Sementara pada produk imitasinya, seringkali tulisannya pudar atau tidak tampak serta warna yang kusam. 


3. Efek lume 

Pada sebagian besar jam tangan Casio model klasik, bagian penanda waktu atau jarum penunjuk jam memiliki efek lume yang memungkinkannya untuk memancarkan efek sinar saat berada di kegelapan. Cobalah bawa jam ke tempat yang gelap dan lihat apakah jarum penunjuk menyala dalam gelap.


4. Kemasan jam tangan 

Salah satu seri ternama Casio adalah G-Shock yang memiliki ciri khas dari sisi kemasan untuk memudahkan pembedaan barang palsu atau asli. G-Shock asli memiliki kemasan aluminium yang terbungkus dalam kotak kardus, sementara barang palsu biasanya langsung dibungkus dengan kardus seadanya.


5. Tes 3 tombol 

Masih dalam seri G-Shock salah satu cara ampuh untuk melihat produk asli atau tidak adalah dengan pengetesan 3 tombol. Jika kalian menekan 3 tombol tertentu yang ada pada jam tangan, layarnya akan menampilkan piksel aktif, lalu tekan tombol lain dan akan memunculkan menu tersembunyi untuk melihat nomor modul jam tangan. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Kiat Praktis Dekorasi & Menata Rumah Sambut Lebaran

BERIKUTNYA

Jinyoung GOT7 Hidupkan Sel Cinta Kim Goeun di Poster Terbaru Yumi's Cell Musim 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: