Salah satu keindahan alam yang ada di Likupang adalah keindahan bawah laut (Sumber gambar ilustrasi : pexels/ Miles Hardacre)

Mau Liburan? Likupang Bisa Jadi Pilihan

27 April 2022   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Likupang merupakan salah satu daerah yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia. Terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, daerah ini memiliki banyak kekayaan yang bisa dinikmati oleh pelancong. 

Dilansir dari laman Kemenparekraf, banyak hal yang dapat menjadi daya tarik bagi para pelancong di Likupang yang tidak boleh dilewatkan. Dari wisata alam, kuliner, hingga budaya yang menarik untuk dieksplorasi. 

Berikut daya tarik yang dapat ditemui di Likupang oleh pelancong.
 

1. Wisata Alam


Seperti sebuah harta karun, Likupang memiliki banyak tempat wisata alam tersembunyi yang sangat indah. Hampir seluruh pantai, danau, dan bukit di tempat ini menawarkan pemandangan yang eksotis. 

Salah satu wisata alam yang tidak boleh dilewati adalah Pantai Paal. Terletak kurang dari 2 jam perjalanan dari Kota Manado, pantai ini menawarkan pasir putih, air laut berwarna biru tosca, dan pemandangan yang dapat memanjakan mata. 

Selain pantai, wisata alam lainnya yang wajib dikunjungi oleh para pelancong adalah Bukit Larata. Di bukit ini, padang rumput yang luas seakan menyatu dengan pemandangan laut biru nan jernih, serta perbukitan hijau yang asri dan menenangkan. Kemudian wisata alam lainnya adalah seperti Pantai Surabaya, Pantai Pulisan, Bukit Pulisan, dan Pulau Lihaga.


2. Seni Budaya


Selain wisata alam yang sangat indah dan begitu banyak, pelancong juga dapat menikmati dan berkenalan dengan seni dan budaya khas Likupang. Salah satunya adalah alat musik Kolintang, alat musik tradisional khas Minahasa. Para penduduk setempat biasanya bermain alat musik Kolintang sebagai iringan upacara adat, pertunjukan tari, atau sekadar sebagai pertunjukan musik. 

Seni budaya lainnya yang dapat dinikmati oleh pelancong adalah pertunjukan Tari Tumatenden. Tarian yang sering ditampilkan dalam festival budaya atau pertunjukan seni ini menceritakan tentang kisah cinta seorang petani dengan bidadari.

Selain itu, tradisi dan budaya yang dapat dinikmati di tempat ini adalah  Masamper, Tari Ampa Wayer, serta ritual Foso Rumages sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen. 


3. Kuliner


Sudah menjadi rahasia umum jika Indonesia memiliki ragam kuliner yang dapat memanjakan lidah mengingat begitu banyak suku dan budaya yang ada di negeri ini. Ketika pelancong ke Likupang, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah sajian kulinernya. 

Makanan khas Likupang yang menjadi andalan adalah bubur tinutuan. Olahan bubur ini memiliki  banyak sayuran, seperti kangkung, bayam, kemangi, jagung, labu kuning, dan tentunya ikan cakalang.

Kemudian, sajian kuliner yang dapat menggoyang lidah lainnya adalah lalampa, yakni makanan khas Likupang terbuat dari ketan berisi ikan cakalang dan dibungkus dengan daun pisang. 

Di tempat ini juga terdapat cakalang fufu yang memiliki cita rasa pedas. Kuliner yang satu ini akan terasa sangat nikmat ketika disantap dengan nasi panas dan sambal dabu-dabu. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Jangan Mepet! Ini Waktu yang Tepat Vaksin Covid-19 Sebelum Mudik

BERIKUTNYA

Mudik? Jangan Lupa Mampir ke Desa Wisata 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: