Smartphone Xiaomi 11 Ultra (Sumber gambar: Unsplash/N Tho Duc)

Lebaran Jadi Momen Upgrade Smartphone, Genhype Gimana? 

27 April 2022   |   16:10 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ramadan tak bisa dipungkiri menjadi salah periode yang digunakan oleh masyarakat untuk belanja berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan pokok, pakaian atau fesyen, hingga belanja keperluan elektronik sebagai alat penunjang aktivitas harian. 

Laporan terbaru yang dilakukan oleh perusahaan teknologi Xiaomi bertajuk Survey Ramadhan: Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Jadi Tren 2022, menunjukkan bahwa perangkat elektronik khususnya ponsel pintar merupakan salah satu prioritas banyak orang pada periode Ramadan dan Lebaran kali ini. 

Ada beberapa temuan menarik dari hasil survei tersebut, berikut rincian lengkapnya : 
 

1. Waktu tepat untuk upgrade smartphone 

Para pengguna yang ditanya dalam survei ini mengatakan bahwa barang baru yang menjadi prioritas untuk dibeli saat Lebaran adalah ponsel pintar dengan persentase 43,1 persen. Lebih tinggi dari barang lain seperti baju dengan 28,9 persen, parcel hari raya dengan 17,1 persen, dan kendaraan dengan 10,9 persen. 

Mereka mengatakan bahwa alasan untuk meningkatkan ponsel (upgrade smartphone) utamanya adalah karena usia ponsel yang sudah lama dengan persentase 51,2 persen. Alasan lainnya termasuk menikmati inovasi teknologi yang lebih baru sebesar 35,4 persen, dan momen lebaran dengan 12,4 persen.
 

2. Foto bareng keluarga besar 

Laporan Xiaomi juga mengungkap bahwa kegiatan yang paling sering dilakukan dengan ponsel anyar saat hari raya Lebaran atau Idulfitri adalah foto bareng bersama dengan keluarga besar yang punya persentase 51,9 persen. 

Kegiatan lainnya yang dilakukan responden ketika Lebaran antara lain melakukan panggilan video dengan teman dan keluar yang punya persentase 13 persen, bermain gim bersama dengan 11,9 persen, dan menonton film bareng sebesar 8,5 persen. 
 

3.  Ponsel di bawah Rp4 juta jadi pilihan favorit 

Survei menunjukkan bahwa harga ponsel pintar atau smartphone yang paling ingin dibeli oleh para pengguna adalah dengan rendah Rp2 juta hingga Rp4 juta, yang mencatatkan persentase tertinggi yakni sebesar 74,9 persen. 

Selanjutnya adalah perangkat rentang harga Rp4 juta hingga Rp6 juta dengan persentase 17,5 persen dan ponsel di atas Rp6 juta dengan 7,6 persen. Adapun, faktor penting yang harus ada pada ponsel pilihan adalah desain kompak, menarik dan elegan dengan 77,5 persen dan perangkat kamera yang mumpuni dengan 48,4 persen. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pakar Rekomendasikan 2 Dosis Vaksin Ini karena Berikan Perlindungan Tinggi Terhadap SARS-CoV-2.

BERIKUTNYA

Jadi Tradisi Tiap Lebaran, Begini Asal-Usul Istilah Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: