Kain drill umumnya dipakai untuk pembuatan seragam (Sumber gambar: Ksenia Chernaya/Pexels)

Kenalan dengan Kain Drill, Cek Kelebihan & Kekurangannya

26 April 2022   |   22:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah mendengar bahan kain drill? Umumnya dipakai untuk pembuatan seragam, jenis bahan drill memiliki tekstur pintalan miring atau diagonal yang setiap jalinan benangnya sangat kuat. Meski 100 persen terbuat dari katun murni, bahan drill juga ada yang terdiri dari campuran katun dengan polyester

Menurut sejarahnya, kala itu bahan drill digunakan sebagai bahan pembuat seragam tentara Inggris di India. Setelah perang selesai, ada beberapa tentara yang masih menggunakan seragam tersebut saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Seiring waktu, bahan drill akhirnya menjadi tren dan biasanya dijadikan bahan untuk pakaian kasual.

Sama seperti jenis bahan lainnya, bahan drill memiliki beberapa karakteristik yakni permukaan kain memiliki tekstur yang cukup lembut, tekstur pintalan pada kain terlihat seperti garis-garis miring atau disebut diagonal, permukaan kain bagian depan dan bagian belakang berbeda, tidak mudah kusut, hingga tenunannya yang terasa kokoh dan kuat.

Selain itu, ketika dipakai pun, bahan drill tidak terasa panas atau gerah meskipun bahannya tebal. Sebaliknya, bahan ini justru adem saat dipakai. Kendati begitu, kualitas dari bahan drill ini berbeda-beda tergantung dari merek atau produsennya.
 

Jenis-jenis kain drill

Ada beberapa jenis kain drill yang masing-masing jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda. 

 

1. Twill drill

Jenis kain twill drill atau twist ini punya serat yang paling kecil dibanding jenis kain drill lainnya. Bahannya lembut tapi sulit ditembus air, sehingga cocok untuk penggunaan di luar ruangan seperti almamater atau jas komunitas.

 

2. Japan drill

Kain Japan drill memiliki ukuran serat pintalan yang lebih besar dibanding jenis lainnya. Kainnya lebih tebal dan kuat karena terbuat dari perpaduan katun yang lebih tinggi. Jenis kain satu ini pun memiliki harga yang cukup mahal.

 

3. American drill

Tipe American drill ini disebut juga Florida drill, memiliki serat garis-garis miring yang berukuran medium dibandingkan kedua jenis sebelumnya.  Kain American drill ini terbuat dari perpaduan katun dan polyester, sehingga lebih kuat dan masih cukup adem digunakan. Bahan tipe ini cocok untuk dijadikan kemeja PDL, PDH, wearpack, dan sejenisnya.

Baca jugaCorak & Warna Busana Muslim Ini Lagi Banyak Dicari
 

Mentatdgt

Jenis bahan drill memiliki tekstur pintalan miring atau diagonal (Sumber gambar: Mentatdgt/Pexels)

Kelebihan bahan drill

Kamu juga perlu mengenal berbagai kelebihan bahan drill seperti berikut ini.
 
  • Bahannya kuat

Seperti yang disebutkan, bahan drill ini memang memiliki kekuatan yang baik. Sebab, kain drill tidak akan bermasalah jika terkena tarikan, gesekan, dan tekanan. Wajar jika kain ini jadi pilihan sebagai bahan pembuat seragam kerja, seperti industri migas, perkebunan, bengkel, pabrik, pertambangan dan  seragam militer.
 
  • Tahan lama dan awet

Kain drill memang terkenal lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan jenis bahan untuk pembuat seragam lain. Kain drill juga tidak mudah rapuh meskipun sering dipakai dan dicuci berkali-kali. Selain itu, warna kain juga tidak mudah pudar jika proses pencucian dan penjemurannya tepat.
 
  • Adem saat dikenakan

Bahan drill memiliki kelebihan karena terasa nyaman dan sejuk saat dipakai meskipun bahannya tebal.  Drill juga tidak mudah meleleh meskipun terkena panas sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pembuat seragam untuk chef, kru dapur, hingga karyawan lapangan. Selain itu, kain drill juga  punya kemampuan menyerap keringat dan menyerap air yang cukup baik.
 
  • Tekstur kain yang unik

Saat dilihat secara detail, permukaan kain drill ini memiliki tekstur pintalan yang membentuk alur benang miring atau diagonal di permukaannya. Tekstur ini cukup menarik dan disebut unik karena tidak dimiliki oleh jenis bahan kain lainnya.

Selain itu, bahan drill juga tidak mudah kusut, sehingga kamu tidak repot untuk merapikan kain ketika akan beraktivitas. 

 

Kekurangan bahan drill

Selain memiliki kelebihan, kain drill juga tentunya punya kekurangan seperti berikut ini.
 
  • Bahannya cukup berat

Karena serat drill cukup tebal, itu membuat bahan satu ini cukup berat, apalagi jika dalam kondisi basah. 
 
  • Ada yang luntur saat pencucian pertama

Pada dasarnya hampir semua jenis kain yang berwarna cerah akan luntur saat pencucian pertama kali, begitupun pada bahan drill. Meski begitu, pada pencucian berikutnya biasanya tidak mengalami luntur kecuali bila direndam terlalu lama. 
 
  • Tergolong mahal untuk jenis tertentu

Drill juga terbilang kain yang cukup mahal pada jenis tertentu seperti Japan drill. Jadi perlu disesuaikan dengan jumlah budget yang dimiliki sebelum memesan seragam berbahan drill pada konveksi yang digunakan. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Kiat Mengelola Keuangan Usai Lebaran

BERIKUTNYA

Pahami 5 Hal Ini Sebelum Menghadirkan Lampu Gantung di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: