Pelancong tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes cepat Antigen dan RT-PCR jika sudah vaksin dosis ketiga(sumber gambar ilustrasi : PT KAI Daop 1 Jakarta)

Jangan Lupa Penuhi Persyaratan Ini Sebelum Mudik dengan Kereta Api

25 April 2022   |   09:08 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pemerintah pada Lebaran tahun ini memperbolehkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman guna merayakan Idulfitri. Namun, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh semua calon pemudik ketika akan melakukan perjalanan – termasuk saat hendak menggunakan kereta api.

Eva Chairunia, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, mengingatkan kepada para pemudik yang hendak menggunakan kereta api untuk memperhatikan persyaratan perjalanan kereta api sesuai dengan SE Kemenhub No. 49 Tahun 2022.

Salah satu persyaratan yang ada dalam surat edaran tersebut adalah mengenai pelancong berusia 6-17 tahun yang tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes cepat Antigen jika telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan dengan kereta api sesuai dengan SE Kemenhub No. 49 Tahun 2022.
 
1. Individu yang telah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.

2. Individu yang baru mendapatkan vaksin dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif tes cepat Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.

3.Individu yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

4. Sementara penumpang yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3 x 24 jam.

5. Penumpang berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau tes cepat Antigen.

6. Penumpang berusia di bawah 6 tahun tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes cepat Antigen atau RT-PCR. Namun, penumpang tersebut wajib didampingi oleh pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan saat hendak menggunakan kereta api.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

3 Tip Tampil Gaya Sambut Lebaran

BERIKUTNYA

Film Animasi The Bad Guys Raup Pendapatan Fantastis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: