Perasaan cinta diri sendiri ini sangat penting bagi setiap orang untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia-Giulia Bertelli (Unsplash)

Ini Lho Alasan Penting Kenapa Kita Perlu Mencintai Diri Sendiri

12 June 2021   |   11:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Guys, siapa di antara kalian yang setuju dengan ungkapan belajar mencintai diri sendiri itu penting. Ya, mencintai diri sendiri adalah tentang menghargai dan memanjakan diri kita sendiri, merasa percaya diri dengan apa yang ada dan bangga pada kemampuan diri sendiri.

Perasaan cinta pada diri sendiri ini dibutuhkan setiap orang untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Ketika orang tidak bahagia dengan dirinya maka dia akan mudah merendahkan dirinya di depan orang lain, dan merasa tidak berharga, bahkan tumbuh perasaan putus asa.

Nah kalau hal tersebut terjadi, seseorang bisa merasa kehilangan motivasi dan frustasi, Oleh karena itu, simak lima alasan mengapa kamu perlu mencintai diri kamu sendiri berikut ini:

1. Tidak ada orang yang sempurna

Tidak sedikit orang yang berusaha menjadi sempurna dalam hidup dengan sikap perfeksionisme. Hal itu bisa saja karena mereka tidak bisa menerima kekurangan mereka dan berusaha menyembunyikannya dengan cara tersebut.

Akibatnya, itu menyebabkan beberapa masalah seperti umur yang lebih pendek, depresi, gangguan makan, kecenderungan bunuh diri, dan lainnya. Maka dari itu, rangkul diri kamu dengan segala ketidaksempurnaan yang kamu miliki.

2. Hindari kebiasaan membanding-bandingkan

Ketika kamu kurang mencintai diri kamu, bisa saja karena kamu terlalu membandingkan diri kamu dengan orang lain.

Kamu tidak sadar menjadi sering merendahkan diri di depan orang lain sehingga kamu mulai merasa rendah. Lebih baik kamu mulai mencintai diri kamu sendiri dan hindari sikap membandingkan diri dengan orang lain.

3. Pertahankan value diri

Tidak mencintai diri sendiri juga secara tidak langsung akan menghilangkan values atau nilai-nilai yang ada di diri kamu lho. Kurangnya cinta yang ada di dalam diri kamu sendiri bisa saja berdampak dengan sikap yang tidak baik yang kamu lakukan kepada orang lain.

4. Menumbuhkan kepercayaan diri

Ketika kamu mencintai diri kamu sendiri, itu akan sangat membantu menumbukan kepercayaan diri kamu. Sebab, kamu sudah bisa untuk menerima segala kekuranganmu dan tetap merasa bahagia dalam menjalani hidup sehingga kamu akan semakin percaya diri.

5. Ciptakan hubungan yang bahagia

Mencintai diri sendiri juga secara tidak langsung membantu menciptakan hubungan yang kuat dalam hidup kamu. Ketika kamu bahagia, kamu akan memiliki kedamaian batin dan kemampuan untuk menghargai orang lain. 

Selanjutnya, bersosialisasilah. Bersosialisasi akan membuat hubungan antara kalian dengan lingkungan sekitar makin menyenangkan.

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Coach Hadirkan Pop Up Store Bernuansa New York di Mal Pondok Indah 2

BERIKUTNYA

Coba Beberapa Tips Ini agar Salad Jadi Lebih Menarik & Mengenyangkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: