Salad adalah salah satu makanan yang yang sempurna untuk tetap sehat-Valeria Boltneva (Pexels)

Coba Beberapa Tips Ini agar Salad Jadi Lebih Menarik & Mengenyangkan

12 June 2021   |   13:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Siapa di antara Genhype yang menggemari salad? Kalian pasti setuju kan kalau salad adalah salah satu makanan yang sempurna untuk tetap sehat? Mengonsumsi salad tidak sekadar menurunkan berat badan, tetapi meningkatkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu, salad juga bisa bikin kita kenyang lho.

Biasanya, salad dibuat dengan mencampurkan selada, sayuran, buah-buahan, saus dan beberapa topping sehat lainnya.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin lama-kelamaan kamu akan bosan mengonsumsi salad karena bahan-bahan yang digunakan selalu itu-itu saja.

Nah, berikut ini beberapa alternatif bahan yang bisa kamu tambahkan ke dalam menu salad agar menarik dan membuatmu lebih merasa kenyang.

1. Pilih sayuran hijau yang besar

Selada biasanya menjadi salah satu sayuran yang sering digunakan dalam membuat salad. Namun, sayuran seperti arugula, bayam dan kangkung mengandung lebih banyak antioksidan, serat, dan mineral seperti zat besi sehingga membuat kamu lebih kenyang.

2. Sertakan campuran berbagai buah dan sayuran

Setiap kamu menambahkan beberapa buah atau sayuran yang berbeda ke dalam salad, kamu akan mendapatkan tekstur dan rasa juga vitamin dan nutrisi yang kaya. Selain itu, menambahkan bahan kaya vitamin C seperti paprika, brokoli, stroberi, dan jeruk akan membuat tubuh kamu menyerap zat besi dengan lebih baik.
 

Ronmar Lancamiento (Pexels)

Ronmar Lancamiento (Pexels)

3. Pilih sumber protein tanpa lemak dengan banyak rasa

Menambahkan cukup protein dalam salad sangat penting untuk memberikan rasa kenyang, tetapi kamu harus bijak dalam memilih protein. Misalnya kacang dan keju mengandung protein tetapi juga sangat tinggi lemaknya.

Oleh karena itu, pilihlah protein berkualitas tinggi dan lezat seperti tahu yang beri garam, kacang hitam atau lentil, pan seared buncis, atau ayam.

4. Tambahkan sedikit lemak

Orang-orang yang sedang menjalankan diet sebisa mungkin akan menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak. Namun, disarankan juga untuk setidaknya mengonsumsi 2 sendok teh lemak saat makan untuk membuat rasa kenyang.

Lemak bahkan membantu menyerap semua vitamin yang larut dalam sayuran salad seperti vitamin A, D, E dan K.

5. Beri saus yang segar

Jika kamu menggunakan dressing salad yang sudah jadi, cobalah dengan saus yang didinginkan dalam kulkas. Hindari penggunaan saus yang mengandung banyak gula dan bahan-bahan lain yang bisa merusak program diet kamu.

Sebagai alternatif, lebih baik kamu membuat sendiri saus salad misalnya soy dressing, mango lime dressing, atau honey mustard salad dressing. Selamat mencoba! 

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ini Lho Alasan Penting Kenapa Kita Perlu Mencintai Diri Sendiri

BERIKUTNYA

Museum Seni Metropolitan New York akan Kembalikan 2 Patung Hasil Jarahan ke Nigeria

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: