Christina (Sue Prado), pasa saat hendak memasak ikan. (Sumber gambar : viddsee.com)

As He Sleeps, Pergolakan Batin Seorang Istri dalam Pahitnya Pernikahan

26 April 2022   |   07:42 WIB

As He Sleeps, film pendek dari Filipina ini menarik untuk ditonton dan berbeda ide ceritanya, karena dilihat dari sudut pandang perempuan.  Film yang disutradarai oleh Sheron R. Dayoc ini, dalam bahasa Filipina dikenal pula dengan judul Mientras Su Durmida.

Dengan subtitle bahasa Inggris, film tersebut dapat dinikmati di berbagai platform digital. Film pendek terbitan 2012 ini, juga memenangkan kategori Sutradara Terbaik - Film Pendek dalam Festival Film Independen Filipina Cinemalaya, pada tahun yang sama.

Adalah festival film di Filipina, yang diadakan setiap tahun selama bulan Agustus di Kompleks Pusat Kebudayaan Filipina dan berbagai bioskop.

Berkisah tentang bagaimana Christina (Sue Prado), wanita berusia sekitar 30 tahun, yang menikah dengan Hector (JC Alejandro). Namun kini sang suami lumpuh dan tak bisa apa-apa. Secara fisik, suami hanya terbaring, tak mampu mewujudkan bahtera rumah tangga mereka.

Christina dihadapkan dengan keseharian yang mengharuskannya merawat sang suami, tanpa terpenuhi akan kebutuhannya sebagai wanita maupun istri.

Film tersebut diawali dengan narasi perjanjian pernikahan, yaitu untuk  selalu bersama dalam kondisi susah atau senang, maupun dalam keadaan sehat ataupun sakit, sampai maut memisahkan. 

Sebuah komitmen Christina terhadap ikatan iman tersebut, serta rasa simpati dan perhatian pada suaminya menahan dirinya di "kandang pernikahan”.

Christina tampak terkungkung dengan pernikahannya, sumpah pernikahan membuat dia harus bertahan sendirian dalam penderitaannya.

Kegelisahan Christina sangat tergambarkan dalam film yang hanya berdurasi 14 menit 48 detik ini. Tersirat dengan jelas di setiap scenenya, dalam ketulusan dan kebimbangan, dirinya mempertanyakan apakah hubungan kemitraan tanpa syarat tersebut tidak boleh terputus?

Di akhir film, walau pedih kita diajak untuk memahami keputusan Christina.

Poster film As He Sleeps (sumber gambar : IMDB.com)

Poster film As He Sleeps (sumber gambar : IMDB.com)

 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Tampil di Special Show, Ini Alasan Java Jazz Festival 2022 Hadirkan PJ Morton

BERIKUTNYA

Fujifilm Luncurkan Layanan Cetak Foto Via WhatsApp 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: