James Joyce (Dok. National Library of Ireland)

Perayaan Bloomsday dari Irlandia kini Bisa Kamu Rasakan Juga di Indonesia

11 June 2021   |   21:48 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun ini, Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bersama-sama merayakan Bloomsday pada 14 Juni 2021 dengan sejumlah program yang disiapkan.

Bloomsday adalah perayaan yang berlangsung di Dublin dan di seluruh dunia untuk menandai 16 Juni 1904, yang merupakan hari yang digambarkan dalam novel terkenal James Joyce, Ulysses. Hari perayaan ini diambil dari nama Leopold Bloom, karakter utama di novel terkenal Ulysses.

Novel ini bercertia tentang kehidupan dan pemikiran Leopold Bloom dan sejumlah karakter lain - yang nyata dan fiksi - dari pukul 08:00 pada tanggal 16 Juni 1904 hingga dini hari keesokan harinya.

Tahun ini, Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia akan merayakan warisan Joyce yang luar biasa serta kontribusi penulis Irlandia lainnya terhadap budaya global.

Kedutaan juga akan mengambil bagian dalam pelaksanaan giveaway buku secara global. 

James Joyce adalah penulis terkenal di seluruh dunia dan tulisannya telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Naskah Joyce yang paling terkenal akan disebar di kafe, badan amal, universitas, dan perpustakaan di seluruh Indonesia pada Bloomsday ini pada 16 Juni 2021.

“Selain itu, Kedutaan Besar di Jakarta telah bekerja sama dengan BookHive Jakarta untuk menyumbangkan tidak hanya teks karya Joyce tetapi berbagai buku Irlandia, dari penulis seperti Sally Rooney, Marian Keyes dan Jonathan Swift,” tulis kedutaan melalui email.

Perayaan Bloomsday  juga akan dilaksanakan di Grand Indonesia Mall dengan agenda pameran interaktif, menghidupkan suasan Dublin tahun 1904 seperti pada tulisan Joyce. 

Instalasi ini akan berlangsung pada 15-20 Juni 2021 dan akan mengambil tema Apotek Sweny dari Episode 5 Ulysses.

Dengan mengakses kode QR pada pameran, pengunjung dapat mengakses informasi tentang Joyce dan sejarah lain tentang karya-karyanya.

Dari Grand Indonesia Mall, instalasi ini akan berpindah ke ruang seni Dia.lo.gue, Kemang, Jakarta, di mana film Ulysses karya Alan Gilsenan juga akan dipamerkan atas dukungan Museum of Literature Ireland.

Mulai 15-20 Juni 2021, Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia juga akan mengadakan kompetisi dan giveaway melalui akun media sosial resmi. Ada banyak Embassy Goodie Bags dan James Joyce Gift Packs untuk dimenangkan.

"Kami sangat menantikan untuk merayakan Bloomsday dengan teman-teman Indonesia," kata mereka.

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Tips Agar Akun Medsos Dapat Banyak Followers

BERIKUTNYA

Wheein MAMAMOO Resmi Hengkang Dari Agensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: