Google Play Store

Kiat Memanfaatkan Google Play Store Lebih Optimal

14 April 2022   |   10:49 WIB

Genhype pasti sudah tak asing lagi dengan Google Play Store. Google Play merupakan toko aplikasi resmi untuk sistem operasi Android, tempat pengguna untuk menelusuri dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Android software development kit (SDK) dan diterbitkan melalui Google.

Aplikasi ini terutama berfungsi sebagai toko aplikasi dan gim, namun pada saat ini kita juga bisa membeli dan menyewa film dan buku elektronik. Google sudah menambahkan berbagai fitur yang bisa memudahkan kita untuk menggunakan toko aplikasi ini.

Berikut kita lihat beberapa di antaranya.

Google Play Store di web
Bila Anda menggunakan komputer pribadi, Anda bisa membuka dan mengelola Google Play Store dari web di alamat https://play.google.com. Tentunya Anda harus terlebih dahulu masuk log.

Dari situs web Google Play Store ini, kita dapat melakukan beberapa aktivitas yang tidak bisa dikerjakan di aplikasi ponsel. Di antaranya, kita bisa membeli dan memasang aplikasi dari jarak jauh (remote). Kita bisa juga meninjau perangkat apa saja yang terhubung dengan akun Google yang sedang dibuka.

Instalasi di Perangkat Baru
Membeli perangkat baru (ponsel atau tablet) tentunya sudah jadi hal biasa. Apalagi perangkat terkini selalu muncul tiap tahunnya. Salah satu ritual yang biasa dilakukan di perangkat baru adalah memasang aplikasi yang biasa kita gunakan. Namun memasangnya satu-satu tentunya merepotkan.

Pada saat ini Google Play Store menyediakan cara yang memudahkan untuk memasang aplikasi di perangkat baru. Ini bisa dilakukan dari aplikasi Google Play Store di ponsel.
 
Google Play Store/Tangkapan layar
Ketuk foto Anda di aplikasi Google Play Store, lalu pilih menu Manage apps & device, lalu klik Manage. Di sini kita bisa melihat semua aplikasi yang pernah Anda pasang atau beli dari Google Play Store. Anda bisa memilih hanya menampilkan aplikasi yang saat itu tidak terpasang di perangkat. Di ponsel atau tablet baru ini mungkin cukup banyak. Pilih aplikasi yang Anda inginkan, lalu klik ikon unduhan di bagian atas.

Pembayaran Alternatif
Beberapa konten seperti buku elektronik, film, dan konten dalam gim hanya tersedia bila Anda membeli atau menyewa. Anda mungkin enggan mencobanya, karena tidak punya akses ke kartu kredit atau debit. Namun saat ini Google sudah menyediakan metode pembayaran alternatif, mulai dari pembayaran dengan pulsa, e-wallet, maupun kartu hadiah (gift card).

Satu metode pembayaran yang patut dicoba adalah membayar dengan Google Play Balance. Anda bisa mendapatkan Google Play Balance secara cuma-cuma sebagai hadiah, misalnya dari Google One. Namun cara paling pasti untuk mendapatkannya adalah dari  Google Opinion Rewards.

Google Opinion Rewards adalah aplikasi yang meminta kita untuk mengisi survei dengan imbalan kredit yang bisa dibelanjakan di Google Play Store. Survei ini biasanya pendek dan dapat dijawab dengan cepat.

Imbalannya tidak banyak per survei, hanya Rp1.500. Namun dari pengalaman saya, aplikasi ini akan menyodorkan survei sekitar 2-3 kali seminggu.  Karena tidak banyak, Anda bisa membelanjakan hasil dari Google Opinion Rewards untuk konten recehan seperti item di berbagai gim ponsel.

Parental Control
Bila Anda membolehkan anak atau anggota keluarga lain yang masih di bawah umur untuk menggunakan ponsel Android, Anda mungkin ingin membatasi konten yang bisa dibeli dari Google Play Store. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Parental Control.

Agar dapat menggunakan fitur ini, anak atau anggota keluarga lain harus sudah masuk keluarga Anda di Google. Ini bisa dilakukan dari Google Family (https://families.google.com/families).  Berikutnya, Anda bisa mengaktifkan fitur parental control di Google Play Store dari menu settings.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda bisa membatasi konten yang dibolehkan di Google Play Store. Misalnya Anda bisa membatasi agar hanya konten 12+ ke atas yang bisa dipasang di ponsel. Anda akan diminta untuk membuat PIN untuk mengakses dan mengubah pembatasan konten.


Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Garap B2B, Startup Pintap Dorong Digitalisasi Komunitas Pasar Tradisional

BERIKUTNYA

Ini Resep Laverbread, Roti Panggang Rumput Laut yang Kaya Nutrisi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: