Seseorang tengah memakai masker untuk perawatan wajah. (Sumber gambar : Unsplash/Engin Akyurt)

Cara Mudah Bikin Masker Organik, Bahannya Ada di Dapur!

13 April 2022   |   13:43 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Masker memberikan manfaat yang cukup baik bagi kulit wajah. Mulai dari menutrisi, membersihkan, melembabkan, mengencangkan, mencerahkan, hingga mengangkat sel kulit mati. Namun demikian, pemakaian masker perlu melihat jenis dan kondisi kulit yang kita miliki agar hasilnya lebih maksimal.

Saat ini banyak jenis masker dengan beragam merek yang beredar di pasaran. Bahkan tidak sedikit yang memberi hasil mencerahkan hingga memutihkan wajah dengan cepat, namun dengan kandungan berbahaya di dalamnya. 

Daripada khawatir menggunakan masker yang beredar pasaran, kalian bisa kok membuat sendiri masker dengan bahan yang ada di dapur. Mengutip Healthline, berikut cara membuat masker wajah di rumah. 
 

1. Masker untuk kulit berminyak

Kulit berminyak terjadi ketika pori-pori terlalu banyak menghasilkan sebum atau minyak alami kulit. Minyak ini dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat hingga peradangan pada wajah. 

Untuk mengatasinya, kalian cukup sediakan pisang, lemon, dan minyak zaitun. Pisang dipercaya mampu menyerap minyak pada hulit sementara lemon dapat membersihkan pori-pori. 

Cara membuatnya, hancurkan satu buah pisang dalam mangkuk lalu tambahkan 10 tetes air lemon dan 1 sendok teh minyak zaitun hingga tercampur merata dan mejadi pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bilas dengan air hangat.
 

2. Masker untuk pori-pori tersumbat

Sediakan 2 sendok teh oatmeal dan 1 sendok soda kue. Dua bahan ini memiliki sifat pengelupasan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori wajah. 

Campurkan oatmeal dan soda kue di dalam mangkuk, tambahkan beberapa tetes air untuk mencampur keduanya. Oleskan ke wajah, pijat lembut dan biarkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat lalu oleskan pelembab.
 

3. Masker untuk wajah berjerawat

Cukup sediakan telur. Pisahkan putih telur dari kuning telur dan tempatkan di dalam mangkuk. Celupkan kapas ke dalam mangkuk dan oleskan putih telur ke wajah. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian cuci bersih dengan kain lembab. Protein di dalam putih telur dipercaya membantu membunuh bakteri pada kulit dan membantu menghentikan jerawat. 
 

4. Masker hiperpigmentasi

Biasanya timbul noda hitam pada wajah setelah timbul jerawat, faktor usia dan paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya, sediakan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dan 1-2 sendok makan madu mentah. Campur semua bahan dalam mangkuk kemudian oleskan pada wajah dan pijat secara lembut. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. 
 

5. Masker kulit kering

Kulit kalian butuh hidrasi untuk mempertahankan kelembapan dan mengurangi kusam serta gatal. Sebagai upaya hidrasi kulit, sediakan setengah buah mentimun dan 2 sendok makan lidah buaya. Haluskan mentimun dan campurkan dengan gel lidah buaya tersebut. Oleskan ke wajah, pijat lembut, dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air. Dijamin wajah kembali segar!


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Ide Outfit Modis & Hijab Friendly ala Shireen Sungkar

BERIKUTNYA

Awas Kebablasan, Cermat Atur Alokasi Tunjangan Hari Raya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: