Google tengah mengembangkan sistem operasi Android 13, penerus dari Android 12 yang rilis tahun lalu (Sumber gambar: Unsplash/Mark Boss)

Intip Yuk, Fitur-Fitur yang Bakal Hadir di Android 13 Tiramisu

11 April 2022   |   12:40 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Setiap tahunnya, raksasa teknologi Google menghadirkan pembaruan sistem operasi seluler Android, yang digunakan miliaran orang di dunia. Pada 2021, perusahaan telah merilis Android 12 yang juga dikenal dengan nama Snow Cone dan pada 2020, mereka akan merilis Android 13 yang disebut sebagai Tiramisu. 

Saat ini, Android Tiramisu masih sedang dalam tahapan pengembangan. Google telah menghadirkan beberapa pratinjau pengembang untuk pembaruan teranyar sistem operasinya. Berikut ini adalah sejumlah fitur yang telah diketahui : 
 

Multiple Enabled Profiles 

Salah satu fitur baru yang bakal hadir pada Android 13 adalah Multiple Enabled Profiles (MEP). Situs berita Esper belum lama ini mengungkap bahwa fitur tersebut memungkinkan pengguna ponsel memiliki dual SIM dengan satu cip eSIM dan beralih jaringan dengan lebih mudah. 
 

Photo Picker 

Sistem operasi seluler Android mendatang juga akan menghadirkan pengalaman Photo Picker baru, yang memungkinkan pengguna berbagi foto atau video lokal dan berbasis awan dengan aman. Ini tidak perlu memberikan akses aplikasi ke seluruh perpustakaan media yang ada di dalam ponsel. 
 

Bluetooth LE Audio 

Android 13 Tiramisu juga bakal membawa dukungan teknologi yang dinamai Bluetooth Low Energy Audio. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi dan menyiarkan fail audio ke teman dan keluarga tanpa mengorbankan masa pakai dengan tetap menerima audio fidelitas tinggi.
 

Nearby Wi-Fi & Notification Permission 

Ada juga izin waktu proses Nearby_Wifi_Device baru, untuk aplikasi yang mengelola koneksi perangkat titik akses terdekat. Begitu juga dengan izin proses Post_Notification yang mengharuskan aplikasi meminta izin dari pengguna sebelum mengirimkan notif. 
 

Theme App Icons 

Sistem operasi baru Google ini juga menghadirkan fitur dan tools baru untuk produktivitas pengembang, termasuk API Quick Setting. Selain itu, pengguna juga dapat memilih ikon aplikasi bertema. Dengan fitur ini, ikon aplikasi yang didukung untuk diwarna bisa mewarisi warna wallpaper pilihan penggunanya. 
 

Fitur-Fitur Lain 

Selain hal-hal di atas, ada juga beberapa perubahan yang bakal datang ke Android 13. Ini termasuk tanda hubung yang lebih cepat, preferensi bahasa per aplikasi, shader yang dapat diprogram, dan peningkatan kompatibilitas aplikasi. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Sejarah Reog Ponorogo, Kesenian yang Mau Diklaim Malaysia

BERIKUTNYA

Intip Desain Rumah Masa Kecil Taylor Swift yang Dijual US$1,1 Juta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: