Ilustrasi hampers. (Sumber gambar: Dmitry Mashkin/Unsplash)

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Hampers dan Parcel

07 April 2022   |   16:23 WIB

Menjelang hari Lebaran, sejumlah keluarga sudah mulai mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan saat perayaan Idulfitri yang akan berlangsung beberapa pekan lagi. Selain busana dan sajian untuk acara  halalbihalal, yang tidak kalah penting adalah hantaran untuk sanak saudara, teman, relasi, dan lainnya.
 
Hantaran ini bisa berupa paket barang maupun makanan yang harapannya bisa menjadi kesan yang baik. Di Indonesia, hantaran seperti ini biasanya disebut sebagai hampers dan parcel. Namun, kedua istilah ini ternyata berbeda lho secara definisi dan bentuknya, terutama pada cara pengemasan dan jenis bahan yang digunakan.
 
Merujuk pada kamus Cambridge dan Merriam-Webster, hampers atau hamper memiliki definisi sebagai sebuah boks atau kotak yang berisikan makanan dan minuman untuk hadiah saat acara tertentu, misalnya Natal.
 
Berbeda dengan hampers, parcel justru memiliki definisi sebagai sebuah atau kumpulan barang yang dibungkus dengan kertas dan bisa dikirimkan melalui pos atau ekspedisi pengiriman sejenis.
 
Lebih lanjut, hampers biasanya digambarkan sebagai paket yang dibungkus dengan rapi dengan keranjang dan plastik pembungkus serta diberikan hiasan seperti pita dan kartu ucapan. 
 
Lain lagi dengan parcel yang bentuknya mirip seperti kado yang dibungkus dengan kardus atau kertas serta memiliki tambahan yang lebih sederhana seperti kartu ucapan.
 
Dengan karakteristik ini, pembeda pada aspek harga juga tentu terlihat. Biasanya, hampers memiliki harga yang lebih mahal karena isi produk, bahan ornamen, hingga desain keseluruhannya lebih rapi, mewah, dan terpersonalisasi.
 
Berbeda lagi dengan parcel yang cenderung lebih murah dan sederhana baik secara isi produk maupun ornamen yang digunakan, sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan hampers.
 
Dengan ini, sudahkah Genhype kenal dengan perbedaan antara hampers dan parcel? Jika kalian ingin berbagi hadiah kepada sanak saudara maupun teman-teman, jangan sampai tertukar ya untuk memilih hampers atau parcel. 


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Maksimalkan Fungsi Widget di Windows 11 Yuk

BERIKUTNYA

Dyson Hadirkan Air Purifier Premium ke Indonesia, Segini Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: