Widget di Windows 11/Windowsclub

Maksimalkan Fungsi Widget di Windows 11 Yuk

07 April 2022   |   15:35 WIB

Genhype sudah menggunakan Windows 11 kah untuk sistem operasi laptop atau desktopnya? Salah satu fitur baru yang diperkenalkan oleh Microsoft adalah widget. Fitur ini dapat dibandingkan dengan Live Tiles pada Windows 10 atau gadget pada Windows Vista, 7, atau 8.

Seperti juga Gadget atau Live Tiles, Widget adalah aplikasi kecil yang berfungsi menampilkan informasi singkat. Pada Windows 11, widget dapat diakses dari bilah tugas (task bar). Ini berbeda dengan Live Tiles yang tersedia dari menu Start (Windows 10), atau desktop (versi Windows sebelumnya).

Pada saat ini belum banyak pilihan widget yang bisa digunakan, namun rencananya Microsoft akan membuka fitur widget untuk pengembang pihak ketiga. Pada saat ini kita harus puas dengan widget yang tersedia dari Microsoft saja. Namun beberapa pilihan yang sudah tersedia cukup berguna, dan karena itu tidak ada salahnya menjajal fitur widget ini di komputer Windows 11 Anda.

Aktivasi
Fitur widget ini mungkin sudah diaktifkan dari awal di komputer Anda. Bila belum, Anda bisa mengaturnya dari menu taskbar settings. Klik kanan taskbar dan aktifkan setelan Widgets. Anda juga bisa mengakses menu ini dari aplikasi Settings, lalu memilih menu Personalization. Bila diaktifkan, Anda akan melihat ikon baru (widget) di taskbar. Klik ikon ini untuk meninjau fitur widget.
 
Widgets di Windows 11/tangkapan layar
Beberapa widget sudah diaktifkan secara default. Sebagai contoh, pada komputer saya Windows sudah menampilkan widget cuaca (weather), indeks keuangan, olahraga, dan foto.

Informasi yang ditampilkan mungkin sudah sesuai dengan preferensi. Misalnya, Windows dengan akurat menampilkan cuaca di Jakarta. Namun dalam kasus lain,

Anda mungkin ingin menyesuaikannya. Sebagai contoh, pada widget olahraga Anda mungkin ingin mengatur agar Windows menampilkan jadwal pertandingan liga atau tim favorit Anda.

Widget Keuangan (finance) dapat menampilkan indeks saham lokal (IHSG, LQ45), saham tertentu, komoditas, atau kurs mata uang asing. Informasi yang ditampilkan bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda mungkin hanya ingin memantau nilai saham yang masuk portofolio investasi Anda.

Selain semua widget bawaan ini, Anda bisa menambahkan widget lain seperti kalender (dari Microsoft Outlook.com), Microsoft Tasks, Traffic (lalu lintas). Sebaliknya, Anda juga bisa menghapus widget yang tidak diperlukan. Misalnya, bila Anda tidak suka berita olahraga, Anda bisa menghapus widget tersebut.

Ukuran widget dapat diatur sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, bila Anda ingin memantau banyak informasi dari widget keuangan, Anda bisa mengatur agar widget ini menggunakan ukuran besar.
 
Widgets di Windows 11/tangkapan layar

Berita (News) sebenarnya tidak termasuk dalam fitur widget. Seperti namanya, fitur ini menampilkan berita terkini yang ditarik oleh Windows dari berbagai sumber di situs web MSN (ww.msn.com).

Namun fitur ini ditampilkan di bagian bawah widget yang sudah terpasang. Karena itu, Anda juga mungkin ingin mengaturnya lebih lanjut.

Pengaturan dapat dilakukan dari situs MSN (https://www.msn.com/id-id/feed/personalize). Anda sudah harus masuk log ke akun Microsoft terlebih dahulu. Anda dapat mengatur jenis berita apa saja yang sesuai dengan minat Anda dari sini.




Gadget Windows 7/Vista
Dibandingkan dengan fitur gadget pada versi Windows sebelumnya (dan widget pada macOS), kemampuan widget pada Windows 11 masih terbatas. Salah satu penyebabnya adalah karena Anda belum bisa memasang widget dari pengembang pihak ketiga.

Bila Anda ingin menggunakan kembali fitur gadget dari Windows versi sebelumnya, Anda bisa memasang aplikasi seperti 8gadgetpack (https://8gadgetpack.net/).

Aplikasi ini bisa menjalankan gadget dari Windows versi terdahulu termasuk gadget yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Namun aplikasi ini tidak memiliki integrasi dengan layanan Microsoft seperti fitur widget, dan tampilannya masih lebih cocok bila digunakan dengan Windows 7 atau Vista.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Inilah Film Terlaris di Dunia Selama 2022

BERIKUTNYA

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Hampers dan Parcel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: