Apple Mac Studio/Apple

Mac Studio: Komputer Pribadi Paling Ampuh dari Apple

17 March 2022   |   10:30 WIB

Komputer Apple memiliki penggemar tersendiri. Baru-baru ini, atau tepatnya pada 8 Maret 2022, Apple meluncurkan komputer desktop baru, Mac Studio. Lini Mac Studio ini adalah model komputer meja terbaru dari Apple, mendampingi Mac Mini, iMac, dan Mac Pro yang sebelumnya sudah beredar di pasaran.

Seperti berbagai model komputer Mac lainnya yang dirilis sejak 2020, Mac Studio memanfaatkan arsitektur berbasis ARM.  Khusus untuk Mac Studio, tersedia opsi model yang menggunakan prosesor paling ampuh yang ditawarkan Apple saat ini, yaitu M1 Ultra.

M1 Ultra = 2 M1 Max

Menurut Apple, MacStudio dengan M1 Ultra adalah komputer pribadi yang paling ampuh saat ini. Bila klaim ini benar, berarti MacStudio pada saat ini sudah melampaui model Mac Pro, yang sebelumnya merupakan model komputer meja paling unggul yang dijual Apple. Tentunya masih ada kemungkinan Apple akan merilis model Mac Pro dengan M1 Ultra dalam waktu dekat.

Berbeda dengan Mac Pro yang berukuran cukup besar, desain MacStudio cukup kompak. Dengan dimensi 9,5 cm x19,7 cm x 19,7 cm, ukuran Mac Studio lebih mendekati Mac Mini (3,6 cm x 19,7 cm x 19,7 cm).

Seperti juga Mac Mini, kita tidak dapat mengupgrade spesifikasi Mac Studio setelah dibeli. Jadi Anda harus teliti ketika memilih spesifikasi model Mac Studio yang hendak dibeli. Demikian juga seperti Mac Mini dan Mac Pro, Mac Studio tidak dilengkapi dengan layar monitor, papan ketik, dan tetikus. Anda harus membelinya terpisah, atau menggunakan perangkat yang sudah ada.

Mac Studio dengan konfigurasi dasar (US$1.999)  dilengkapi dengan chip M1 Max, GPU dengan 24 inti, memori 32GB, dan SSD 512GB. 
 

Apple MacStudio tampak depan/Apple

Apple MacStudio tampak depan/Apple


Sementara bila Anda menginginkan konfigurasi dengan chip M1 Ultra, Anda bisa memperoleh konfigurasi dasar (US$3.999) dengan GPU  48 inti, memori 64 GB, dan SSD 1 TB. Bila Anda ingin kapasitas RAM atau SSD lebih, Anda harus memesannya ketika membeli.

Chip M1 Ultra sekilas terlihat seperti dua chip M1 Max yang digabungkan menjadi satu. Apalagi chip ini terdiri dari dua bagian yang digabung menjadi satu.

Sebagai perbandingan, chip M1 Ultra terdiri dari 114 miliar transistor pada kepingan 840 mm persegi, dengan 16 inti berkinerja tinggi, 4 inti efisien, dan inti GPU sebanyak 64 buah. Ini dua kali lipat dibandingkan chip M1 Max (57 miliar transistor pada kepingan 420 mm persegi, 8 inti berkinerja tinggi, 2 inti efisien, inti GPU 32 buah).

Kalau kita mempercayai klaim Apple, M1 Ultra hanya sekitar 1,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan M1 Max. Namun peningkatan kinerja bisa didapatkan dari aspek lainnya, misalnya dukungan RAM (maksimum 128 GB pada model M1 Ultra, dibandingkan dengan maksimum 64 GB pada M1 Max).

Pengganti Mac Pro?
Bila hanya melihat kemampuan komputasinya, pengguna Mac Pro mungkin akan tergoda untuk membeli Mac Studio. Namun ada baiknya untuk menunggu, karena Apple mengisyaratkan bahwa upgrade untuk model Mac Pro juga akan dirilis dalam waktu dekat.

Satu kekurangan Mac Studio dibandingkan dengan  Mac Pro adalah kita tidak dapat mengupgrade komponen yang sudah tertanam di dalamnya. Mac Studio lebih cocok buat pengguna Apple yang menyukai desain Mac Mini yang kompak dan portabel, tetapi ingin kemampuan komputasi yang jauh lebih ampuh. Mac Studio akan dikirim ke konsumen di sejumlah negara mulai tanggal 18 Maret 2022 setelah Apple menawarkannya melalui proses preorder.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Haechan Jadi Anggota NCT Terbaru yang Buka Instagram Pribadi

BERIKUTNYA

Suka Main Gim di Smartphone? Beli Ponsel Gaming Saja

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: