ilustrasi orang-orang menonton konser langsung (Sumber gambar: Pexels/ Vishnu R Nair)

5 Konser Musik Masuk Agenda 2022, Asosiasi Promotor Soroti Hambatan di Daerah

27 March 2022   |   19:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Asosiasi Promotor Musik Indonesia menyambut dibukanya kembali penyelenggaraan konser musik pada tahun ini, meskipun belum semua daerah di Indonesia memperbolehkan acara tersebut. Sedikitnya ada lima konser besar yang sudah masuk agenda musik tahun ini.

Emil Mahyudin, Sekjen Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI), menuturkan saat ini penyelenggaraan konser musik masih sulit dilaksanakan oleh para penyelenggara konser musik di dalam negeri. “Praktik di lapangan berbeda,” katanya.

Dia menuturkan penyelenggaraan konser musik masih tergantung terhadap kebijakan setiap pemerintah daerah. Dia mencontohkan daerah yang belum bisa menyelenggarakan konser musik adalah kota Bandung. Menurutnya, kota ini belum dapat menyelenggarakan konser musik lantaran masih berstatus PPKM Level 3.

Meskipun begitu, lanjutnya, sejumlah promotor musik di dalam negeri tengah melakukan persiapan setelah Lebaran. Mereka tengah melakukan persiapan untuk konser di beberapa daerah seperti Jakarta, Yogyakarta, dan sebagainya.

Dia menuturkan kurang lebih terdapat 5 konser musik yang akan terselenggara setelah Lebaran. Konser-konser tersebut seperti Prambanan Jazz, Jogjarockarta, Java Jazz, Justin Bieber, dan terdapat konser dari Korea Selatan yang belum diumumkan.

Para penyelenggara konser musik di dalam negeri yang telah menyelenggarakan konser musik selama pandemi, seperti Jazz Gunung dinilai cukup sukses dalam menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan.

Terkait kinerja para penyelenggara konser musik hingga penghujung tahun ini, dia menilai tergantung izin pemerintah dan kepolisian.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Justin Bieber telah resmi mengumumkan jadwal tur dunia terbarunya yang bertajuk Justice World Tour, dan akan singgah ke Jakarta, Indonesia pada 3 November 2022 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno.

Dimulai pada 22 Oktober nanti, Justin Bieber akan mengawali tur konsernya di Kuala Lumpur. Kemudian, berlanjut ke Jakarta, Nagoya, Osaka, dan Tokyo.

Rangkaian tur dunia kali ini akan menghadirkan lebih dari 100 pertunjukan yang dimulai dari 2022 hingga tahun 2023 di negara-negara seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Inggris, Selandia Baru, Afrika Selatan, Asia dan Timur Tengah, dan dengan beberapa jadwal tambahan baru di Asia yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno  dalam beberapa kesempatan menuturkan bahwa ajang musik sudah bisa digelar di Indonesia dengan protokol kesehatan yang ketat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menjelang Piala Oscar 2022, Yuk Intip dulu Nominasi & Pemenang 3 Tahun Terakhir

BERIKUTNYA

Main Game Kirby and the Forgotten Land? Cek Dulu Panduan Ini 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: