Situasi di perkantoran (Sumber gambar : Unsplash/Israel Andrade)

Buat Kalian para Mahasiswa, Coba Lakukan Cara Ini Agar Saat Lulus Dilirik Perusahaan

26 March 2022   |   19:49 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dunia kerja semakin kompetitif di masa sekarang ini. Terlebih di masa pandemi, perusahaan semakin selektif dalam mencari karyawan. Bukan hanya dari segi akademis saja, tetapi juga pengalaman yang menjadi penilaian. 

Nah, buat kalian mahasiswa tingkat akhir, lebih baik cari pengalaman dengan mengikuti berbagai kompetisi agar terlihat menjual di mata para recruiters. Menurut Talent Acquisition Director Loreal Indonesia Indri Lastina Sudarmadji, ada beragam manfaat yang bisa kalian dapatkan, berikut di antaranya :
 

1. Memfasilitasi perkembangan pola pikir  

Ketika memasuki dunia kerja, para mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pola pikir mereka untuk dapat menjadi sosok yang berkontribusi pada kemajuan perusahaan. 

Dalam bukunya berjudul Mindset yang diterbikan pada 2006, Carol Dweck mencatat bahwa dengan memiliki growth mindset, kita terus-menerus akan mencari cara untuk meningkatkan diri sendiri. Hal ini mengarah pada peningkatan peluang dalam karier dan kehidupan pribadi.
 
Adapun, sebuah kompetisi dapat memfasilitasi perkembangan pola pikir bagi pesertanya dengan memberikan tantangan dan sudut pandang baru sehingga kita bisa terus berkembang.

Selain itu, kompetisi juga dapat membangun ketangguhan mental agar menjadi lebih kompetitif dan siap menghadapi tantangan, sebuah keterampilan yang berguna baik dalam berkarir maupun kehidupan.  
 

2. Meningkatkan kemampuan analisa risiko dan kolaborasi 

Kemampuan menganalisa risiko dan berkolaborasi untuk mencari solusi adalah sebuah kemampuan yang krusial bagi dunia kerja. Ketika seseorang ikut serta dalam kompetisi, maka secara tak langsung dia dituntut untuk melakukan analisa sebuah masalah, atau berkolaborasi dengan tim untuk menemukan solusi. Kompetisi yang mengutamakan kerja sama tim dapat membantu peserta menjadi lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja saat ini. 
 

3. Terkoneksi langsung dengan perekrut di perusahaan  

Kompetisi bisa menjadi jalan awal bagi mahasiswa untuk networking dengan perusahaan, terutama dengan divisi sumber daya manusia yang mengurus talenta-talenta perusahaan.  

Selain untuk mengembangkan diri dan mengetahui lebih lanjut tentang budaya perusahaan, dengan mengikuti kompetisi kalian sudah berhasil mendapatkan perhatian dari para perekrut. Hal ini karena profil kalian sudah masuk ke dalam sistem. 

Jika kinerja dan kepribadian kalian sesuai dengan yang kebutuhan perusahaan, maka bisa saja kalian mendapatkan kesempatan untuk diwawancara dan direkrut, terutama kalau kalian berhasil memenangkan kompetisi. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

7 Fakta Taylor Hawkins, Main Drum Sejak Usia 10 tahun hingga Sempat Bermain Film Horor

BERIKUTNYA

Musisi Dunia Ini Dilaporkan Bakal Kolaborasi dengan BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: