Smartphone (Sumber gambar: Unsplash/Elly Brian

Ini Dia Merek Smartphone Paling Laris di Indonesia

23 March 2022   |   10:49 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Siapa pemimpin pasar ponsel pintar (smartphone) Indonesia? Laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, menunjukkan jumlah pengiriman ponsel para vendor sepanjang tahun lalu di pasar dalam negeri mulai pulih.

Laporan itu menyatakan bahwa pasar smartphone di Tanah Air secara keseluruhan terus mengalami pemulihan. Pada 2021, pengiriman ponsel tercatat sebanyak 40,9 juta unit atau tumbuh 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan itu juga diprediksi akan terus meningkat sepanjang 2022 yang diperkirakan mencapai 44 juta unit pengiriman. Associate Market Analyst IDC Indonesia Vanessa Aurelia mengatakan tahun ini pasokan ponsel akan meningkat secara bertahap. 

Para vendor, lanjutnya, akan mulai menambah stok sebelum memasuki bulan Ramadan dan mempersiapkan diri menghadapi perubahan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), serta bersiap menghadapi kenaikan pajak penghasilan yang mulai diterapkan pada April. 

Terlepas dari situasi pada tahun ini, realisasi pada 2021 menunjukkan bahwa Oppo kembali menjadi pemain nomor satu di Indonesia, setelah sebelumnya tempat tersebut sempat diambil oleh Vivo. 

Oppo mencatat pertumbuhan tahunan 3 persen dengan fokus lebih besar pada segmen pasar low end (US$100-US$200). Perusahaan asal China itu juga menjadi penguasa di kategori tersebut, yang merupakan pasar besar di dalam negeri. 

Posisi kedua ditempati oleh Xiaomi yang berhasil membukukan pertumbuhan tertinggi sepanjang 2021. Hal tersebut didorong oleh ekspansi penjualan offline yang terus berlanjut. Ini juga menjadi cara baru di mana sebelumnya perusahaan lebih fokus pada penjualan online

IDC menyatakan bahwa Redmi 9 Series menjadi kontributor terbesar pengiriman tahunan Xiaomi. Ditambah, perusahaan juga sukses mengembangkan portofolio mid range (US$200-US$400) secara signifikan dengan bantuan Redmi Note 10. 

Sementara itu posisi ketiga ditempati oleh Vivo yang mempertahankan kekuatannya di segmen low-end. Ini didorong oleh beberapa produk unggulan pada 2021 seperti Vivo Y12s dan Vivo Y20 yang banyak diminati masyarakat. 

Secara lengkap, berikut ini adalah 5 perusahaan teratas dalam hal pengiriman dan pangsa pasar ponsel pintar di Indonesia periode penuh 2021 : 

1. Oppo dengan pengiriman 8,5 juta unit atau menguasai sekitar 20,8 persen pasar.
2. Xiaomi dengan pengiriman 8,1 juta unit atau menguasai sekitar 19,8 persen pasar. 
3. Vivo dengan pengiriman 7,4 juta unit atau menguasai sekitar 18,1 persen pasar. 
4. Samsung dengan pengiriman 7,2 juta unit atau menguasai sekitar 17,6 persen pasar. 
5. Realme dengan pengiriman 5,0 juta unit atau menguasai sekitar 12,2 persen pasar. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

10 Khasiat Timun Suri, Buah Favorit saat Bulan Puasa

BERIKUTNYA

Selamat Tinggal Minimalis, Selamat Datang Maksimalis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: