Timun suri (Sumber gambar: Wisata Edukasi Kampung Tani/Instagram)

10 Khasiat Timun Suri, Buah Favorit saat Bulan Puasa

23 March 2022   |   08:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang bulan Ramadan, biasanya kita akan mulai menjumpai banyak pedagang yang menjual timun suri. Buah yang identik dengan bulan puasa ini memiliki bentuk yang lonjong dengan kulit berwarna hijau kekuningan, serta tekstur dagingnya yang cenderung lembut dan mengandung banyak air.

Meskipun buah ini menggunakan nama timun, nyatanya timun suri termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), yang masih satu keluarga dengan labu kuning dan melon. Buah ini mengandung berbagai nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, potasium serta magnesium yang baik untuk tubuh.

Selain rasanya yang segar saat dinikmati dengan es sirup, timun suri juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti berikut ini.
 

1. Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Karena tekstur timun suri mengandung banyak air dan serat, maka tak heran jika buah ini baik untuk sistem pencernaan. Buat kamu yang sering mengalami kesulitan buang air besar, atau sakit maag disarankan untuk mengonsumsi timun suri yang juga sering disebut barteh atau dosakaya dalam masyarakat India.
 

2. Sumber antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa antioksidan di antaranya vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C juga dikenal untuk manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten telah terbukti bermanfaat untuk penglihatan mata.

Dalam sebuah penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists, menyebutkan bahwa timun suri yang merupakan anggota buah dari famili cucurbitaceae ini memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia yang dapat dicegah dengan antioksidan.
 

3. Menyehatkan sistem jantung

Kandungan serat dalam timun suri juga dapat mencegah penumpukan kolesterol. Manfaat timun suri ini juga bisa didapat dari kandungan cucurbitacins, yang disebut-sebut mampu menurunkan risiko terkena penyakit aterosklerosis alias terbentuknya plak di dinding pembuluh arteri jantung.
 

4. Mencegah diabetes

Tanaman Cucurbitaceae, seperti timun suri dan melon mengandung Cucurbita ficifolia, yaitu zat yang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis. Bagi penderita diabetes, timun suri aman untuk dikonsumsi karena mengandung indeks glikemik rendah. Ini artinya buah timun suri dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh meski tidak mengandung karbohidrat ataupun zat yang dapat membuat kadar gula darah meroket.
 

h

Timun suri (Sumber gambar: Bisnis/Endang Muchtar)


5. Mencegah Alzheimer

Timun suri memiliki kandungan vitamin K atau vitamin larut lemak yang tinggi. Vitamin K sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotrofik pada persendian. Vitamin K juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan saraf di otak, sehingga mengonsumsi buah mentimun dalam jumlah yang tepat dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

(Baca juga: Minuman untuk Berbuka Puasa, Yuk Cek 3 Resep Es Timun Suri yang Segerrrr)

 
1
2


SEBELUMNYA

Han So-hee Sebut Cerita Drama Soundtrack #1 Mirip dengan Kisah Masa Lalunya

BERIKUTNYA

Ini Dia Merek Smartphone Paling Laris di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: