Timun suri (Sumber gambar: Wisata Edukasi Kampung Tani/Instagram)

10 Khasiat Timun Suri, Buah Favorit saat Bulan Puasa

23 March 2022   |   08:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Menyehatkan tulang

Manfaat timun suri lainnya datang dari kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya. Vitamin K terbukti dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik sehingga nutrisi tersebut dapat menyehatkan tulang dan meminimalisir terjadinya keretakan tulang di masa mendatang.
 

7. Mencegah kanker

Mengonsumsi timun suri juga bisa memberikan manfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para peneliti telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu memblokir jalur sinyal penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.
 

8. Mencegah anemia

Salah satu kandungan timun suri yang baik untuk kesehatan adalah zat besi. Zat besi di dalam timun suri bisa mencegah anemia karena berperan sebagai komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika mengalami anemia, kamu tidak akan mendapatkan cukup darah yang banyak mengandung oksigen, sehingga akan mudah merasa lelah dan lemah.
 

9. Menurunkan berat badan

Kalori timun suri sangat rendah, sehingga baik untuk diet. Kamu bisa memakan banyak buah ini tanpa menyebabkan kenaikan berat badan. Timun suri juga mengandung air yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah dapat membantu penurunan berat badan.
 

10. Mencegah peradangan usus

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat serat pada buah dapat mencegah penyakit divertikulitis, penyakit yang diakibatkan oleh peradangan usus yang menyakitkan. Timun suri adalah salah satu buah yang tinggi serat. Menurut penelitian, mengonsumsi serat dari buah dan sayuran seperti timun suri bisa menurunkan kemungkinan terkena radang usus.

Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Han So-hee Sebut Cerita Drama Soundtrack #1 Mirip dengan Kisah Masa Lalunya

BERIKUTNYA

Ini Dia Merek Smartphone Paling Laris di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: