Ilustrasi Shopee. (Sumber gambar: Ompia/Unsplash)

Sistem Aplikasi Shopee Sempat Alami Gangguan, Apa Saja Masalahnya?

22 March 2022   |   17:19 WIB

Hari ini, Selasa (22/03/2022), sistem aplikasi e-commerce Shopee dibanjiri dengan keluhan atas gangguan yang dialami peserta sejak jam 11.00 WIB. Meski saat ini pihak Shopee telah meminta maaf atas gangguan tersebut, sejumlah warganet telah mengeluhkan masalah yang mereka alami di media sosial.

Keluhan dan gangguan yang dialami sejumlah warganet di berbagai negara terkait dengan sistem di dalam aplikasi Shopee meliputi akun yang otomatis keluar dari sistem atau log out. Gangguan ini banyak dialami dengan adanya aplikasi yang tiba-tiba memunculkan halaman log in pada aplikasi e-commerce tersebut.

Kedua, sebagian pengguna juga mengeluhkan masalah log in yang gagal. Saat log in, mereka yang masuk dengan akun nomor ponsel menyebutkan nomor mereka justru dianggap belum terdaftar atau tidak aktif. Bahkan, ada juga yang mengeluhkan kode OTP yang belum diterima saat proses tersebut.

Ketiga, sebagian pengguna juga mengeluhkan kesulitan pada proses check out dan transaksi meski berhasil masuk atau log in ke dalam akun mereka. Keluhan ini meliputi tidak bisa menggunakan sistem pembayaran ShopeePay saat check out, status transaksi yang gagal dengan pesanan yang dianggap belum terbayar atau gagal, dan pengembalian dana yang lambat saat pesanan gagal transaksi.


Pengguna lainnya juga mengeluhkan fitur ShopeeFood yang ikut mengalami kegagalan sistem. Baik pada pelanggan atau driver, mereka mengalami kendala pada proses order atau pengajuan pesanan ke restoran serta penerimaan pesanan di tingkat penjual dan driver.

Dalam pantauan Hypeabis.id, saat ini perwakilan Shopee mengonfirmasi dalam fitur balasan kepada sejumlah warganet bahwa hal ini disebabkan karena adanya pemeliharaan pada sistem Shopee dan pengguna diminta untuk menunggu selama beberapa waktu.

"Mohon maaf saat ini sedang ada pemeliharaan sistem dan saat ini sedang dalam penanganan tim terkait. Mohon untuk menunggu dan coba cek secara berkala dalam [kurun waktu] 1x24 jam ya," tulis perwakilan Shopee dalam beberapa balasan kepada warganet di akun resminya.

Hingga saat ini, perwakilan Shopee mengonfirmasi bahwa gangguan yang ada pada sistemnya telah kembali berjalan normal. Akan tetapi, penyebab dari gangguan yang terjadi selama lebih dari enam jam itu masih belum dirincikan secara publik.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Inspirasi Outfit Dinner Pria untuk Berbagai Acara

BERIKUTNYA

Dari Horor sampai Fiksi, Cek Daftar Pemenang Indonesian Podcast Awards!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: