Ilustrasi metaverse (Sumber gambar: Freepik)

Pemerintah Siapkan Metaverse Indonesia, Bentuk Rupanya Akan Seperti Ini

22 March 2022   |   11:16 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dalam beberapa waktu belakangan metaverse menarik perhatian khalayak di berbagai negara. ‘Dunia baru’ yang digadang-gadang memiliki manfaat tak terbatas itu jadi agenda berbagai pihak, salah satunya pemerintah Indonesia. 

Pemerintah telah menugaskan perusahaan swasta untuk mengembangkan metaverse Indonesia yang akan menjadi wadah bagi sejumlah layanan publik dan swasta. Ini rencananya akan diperkenalkan pada ajang Presidensi G20 Indonesia akhir tahun mendatang. 

Kaitannya dengan hal tersebut, WIR Group didaulat menjadi pelaksana tugas untuk mengembangkan platform tersebut. Group Chief Operating WIR Indonesia Jeffrey Budiman mengatakan pihaknya terus melakukan proses pengembangan dunia virtual yang akan memuat ragam konten lokal. 

Selain itu, perusahaan juga melakukan upaya untuk memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak untuk meramaikan platform nantinya, sehingga bisa menarik minat masyarakat luas untuk ikut serta terlibat dan menyukseskan program ini. 

Lantas seperti apa gambaran besar platform metaverse Indonesia yang dikembangkan WIR Group? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai hal tersebut : 
 

Bentuk tampilan

Ilustrasi Minecraft (Unsplash/Mika Baumeister )

Ilustrasi Minecraft (Unsplash/Mika Baumeister )

Salah satu produk yang seringkali dianggap sebagai rujukan metaverse adalah permainan video gim Roblox dan Minecraft, yang sudah eksis dan dimainkan oleh banyak orang. Jeffrey menyebut metaverse Indonesia akan seperti itu tapi tidak persis. 

Menurutnya, tampilan dari platform yang dikembangkan tidak sepenuhnya berbentuk kotak atau piksel seperti pada dua gim tersebut. Gambarnya lebih halus dan akan memuat banyak unsur kelokalan.
 

Perangkat yang digunakan

Ilustrasi Oculus (Sumber gambar: Unsplash/Billetto Editorial)

Ilustrasi Oculus (Sumber gambar: Unsplash/Billetto Editorial)

Group Chief Technology Officer WIR Indonesia Senja Lazuardy mengatakan bahwa pengembangan metaverse Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Rencananya, pada tahap awal akan berbasis perangkat seluler dan berbasis situs web. 

Selanjutnya, platform akan terus dikembangkan sehingga memungkinkan pemanfaatan wearable seperti kacamata pintar dan perangkat pendukung lain - seperti perangkat VR Oculus - untuk pengalaman yang lebih imersif. 
 

Kapan masyarakat bisa merasakan? 

Ilustrasi metaverse (Sumber gambar: Unsplash/Stephan Sorkin)

Ilustrasi metaverse (Sumber gambar: Unsplash/Stephan Sorkin)

Jeffrey mengatakan bahwa platform metaverse Indonesia ini akan diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada acara G20 pada waktu mendatang. Setelah itu, nantinya masyarakat akan bisa mengakses platform menggunakan perangkat yang telah ditentukan. 

Adapun, WIR saat ini juga tengah mempertimbangkan waktu dan pihak-pihak tertentu yang akan menjalani alpha test dan beta test. Informasi mengenai hal ini nantinya akan disampaikan lebih lanjut dalam waktu dekat. 
 

Ada apa aja di dalam platform? 

Ilustrasi Metaverse (Sumber gambar: Flickr/Duncan Rawlinson)

Ilustrasi Metaverse (Sumber gambar: Flickr/Duncan Rawlinson)

Menurut WIR, untuk tahapan pertama nantinya akan ada beberapa sektor yang eksis di dalam platform. Ini termasuk sektor pemerintahan atau layanan publik, layanan perbankan dari beberapa bank milik negara, kuliner, dan pendidikan. 

Ke depannya, perusahaan bakal terus melakukan kerja sama untuk mengembangkan platform tersebut menjadi lebih aktif. “[saat rilis] G20 itu baru awal. Kami akan terus mengembangkan komunitas yang lebih besar dan luas lagi.” kata Jeffrey. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Catat! Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Tayang di Netflix April

BERIKUTNYA

Drama Tomorrow Angkat Kisah Malaikat Maut Menyelamatkan Manusia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: