Interior Mal Sarinah yang baru saja dibuka untuk publik. (Sumber gambar: hypeabis/Yudi Supriyanto)

Sineas Sambut Baik Kehadiran Distrik Seni di Mal Sarinah

21 March 2022   |   22:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sarinah membuka ruang bagi seniman Tanah Air untuk mempresentasikan karyanya dengan nama Distrik Seni. Keberadaan ruang ini pun disambut baik oleh para pelaku industri seni di dalam negeri, tidak terkecuali dari sektor perfilman.

Sutradara Riri Riza mengatakan keberadaan ruang seni atau pusat budaya di Sarinah sangat penting mengingat aksesibilitas seni sudah lebih terbuka. Mereka yang datang ke pameran seni pada saat ini bukan lagi dari kalangan terbatas seperti kolektor.

"Saya pikir ini adalah [membuka peluang] kemungkinan yang sangat baru, tempatnya di shopping center yang namanya melegenda," katanya pada pembukaan Mal Sarinah, Senin (21/3/2022). 

Dia dapat meliaht aura kontemporer dan modern sejak masuk ke dalam Mal Sarinah, yang menurutnya dapat menjadi sumber kreativitas serta ruang berkembang atau kemungkinan baru bagi para pembuat film yang ingin membuat proyek eksperimental.

Selain itu, Riri menambahkan ruang ini juga dapat menjadi pembuka peluang bagi perupa yang ingin menjangkau pasar baru untuk karya-karyanya. 

Dia meyakini para pengelola distrik seni dapat membuka akses yang lebih luas kepada banyak kalangan di dalam negeri. 

Sementara  itu, Produser Miles Film Mira Lesmana menilai distrik seni yang ada di Mal Sarinah merupakan sesuatu yang menurutnya asik.

"Waktu dikirim undangan masih berpikir ini bentuknya seperti apa. Begitu tiba langsung terbayang," katanya. 

Menurutnya, distrik seni merupakan sebuah tempat yang sangat dibutuhkan dan harapannya kehadiran distrik seni di tengah kota bersifat permanen dan dapat bertahan lama.

Distrik seni ini, lanjutnya, akan menjadi tempat yang dapat digunakan oleh banyak orang untuk bisa melihat perkembangan seni rupa serta menjadi tempat untuk berkumpul bagi para pelaku dan pencinta seni. 

"Mungkin seperti konsepnya juga, tempat buat project market seni rupa, buat hub penting," katanya. 

Adapun, Mira juga mengatakan jika distrik seni ini berhasil diterapkan dengan baik, bukan tidak mungkin untuk mendirikan distrik seni lainnya di daerah lain di Indonesia untuk menciptakan ekosistem seni rupa yang lebih solid. Sebagai pencinta seni, dia merasa sangat senang dengan ruang kreatif ini.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Kiat Sukses Jualan di E-Commerce

BERIKUTNYA

Distrik Seni Sarinah Diharapkan Dapat Bangkitkan Gairah Seni Rupa di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: