Smartphone iPhone dari Apple (dok. Pexels/Thiago Japyassu)

Apple Kuasai Pasar Smartphone 5G

24 December 2021   |   15:27 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Teknologi jaringan generasi kelima atau 5G makin nyata. Saat ini, sudah banyak perangkat ponsel pintar yang dirilis di pasaran. Seluruh vendor juga memiliki portofolio ponsel dengan fitur 5G dengan keunggulannya masing-masing, yang dalam tahap awal ini semua merek berlomba-lomba mencuri perhatian pasar termasuk vendor besar seperti Apple. 

Laporan terbaru firma riset Strategy Analytics menunjukkan bahwa raksasa teknologi asal Amerika Serikat Apple menjadi vendor paling banyak mengirimkan (shipment) ponsel pintar 5G pada kuartal ketiga tahun ini. 

Berdasarkan laporan tersebut, Apple menyumbang sekitar seperempat dari seluruh pengiriman ponsel 5G global pada periode tersebut. Hal ini utamanya didorong oleh perilisan produk terbaru iPhone 13 Series pada September lalu. 

Tepat berada di bawah Apple adalah raksasa teknologi asal China Xiaomi - yang memimpin pengiriman ponsel 5G Android. Sepanjang periode ini, perusahaan menghadirkan sejumlah perangkat baik dari merek Xiaomi, Redmi, maupun Poco. 

Posisi berikutnya diikuti oleh Oppo dan Vivo yang mencatatkan pertumbuhan di pasar China. Sementara itu, Samsung juga masuk dalam vendor lima besar dengan menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar di pasar Eropa. 

Kendati begitu, Strategy Analytics melaporkan bahwa Honor menjadi vendor yang mencatatkan pertumbuhan tercepat dalam hal pengiriman ponsel 5G. Angkanya tumbuh signifikan sebesar 194 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. 

Sebagai informasi, Honor sebelumnya merupakan sub-merek dari Huawei tetapi telah menjadi merek independen pada awal tahun ini. Perusahaan mendapatkan popularitas yang tinggi di pasar China, dengan produk seperti Honor 50 5G, 50 SE 5G, dan 50 Pro 5G. 

(dok. Strategy Analytics)

(dok. Strategy Analytics)



Editor : Fajar Sidik

 

SEBELUMNYA

Pulang Liburan dari Amerika Serikat, Suga BTS Positif Covid-19

BERIKUTNYA

Restoran Steak Ini Bikin Inovasi & Bagi-Bagi Hadiah pada Malam Natal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: