Trofi MotoGP Mandalika 2022 (Sumber gambar: Tuksedo Studio)

Simak Makna di Balik Desain Obor dan Batik dari Trofi MotoGP Mandalika

19 March 2022   |   16:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak hal menarik untuk diketahui dari gelaran perlombaan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, tak terkecuali terkait trofi yang akan diberikan kepada pemenang. Digarap oleh bengkel pengrajin trofi asal Gianyar, Bali, Tuksedo Studio, trofi MotoGP yang dibuat secara handmade ini memiliki desain yang menarik.

Untuk diketahui, Tuksedo Studio, yang merupakan spesialis pembuatan bodi mobil klasik, ditunjuk sebagai pembuat trofi Sirkuit Mandalika sejak akhir 2021 lalu pada gelaran WorldSBK dan Supersport Indonesia.

Tahun ini, mereka akhirnya diminta kembali oleh Indonesia Tourism Development Corporation untuk merancang dan melakukan produksi trofi untuk ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau yang biasa disebut sebagai Moto GP Mandalika.
 

b

Trofi MotoGP Mandalika 2022 (Sumber gambar: Tuksedo Studio)

Desain yang diusung Tuksedo Studio pada trofi MotoGP terinspirasi dari filosofi ‘obor’, yang melambangkan menyalanya api semangat  kompetisi balap yang membara. Lebih dari itu, api pada obor tersebut juga menjadi simbol harapan bangkitnya perekonomian Indonesia pasca pandemi.

“Terutama pada sektor turisme yang terdampak oleh pandemi dewasa ini, dengan harapan besar supaya kita dapat sama-sama menjaga agar api dari obor ini tidak pernah padam,” demikian tulis Tuksedo Studio dalam keterangan resminya yang diterima Hypeabis.id, Sabtu (19/3/2022).

Layaknya pada ajang-ajang olahraga di hampir seluruh dunia, obor kerap menjadi simbol tongkat estafet untuk keberlanjutan ajang tersebut. Demikian pada desain trofi ini, bentuk obor sekaligus diartikan sebagai pernyataan bahwa Indonesia akan terus mengadakan ajang internasional secara berkelanjutan.

(Baca juga: Kolaborasi Seniman Lokal Sulap Terowongan di Sirkuit Mandalika Jadi Keren)
 

g

Proses pembuatan trofi MotoGP Mandalika 2022 (Sumber gambar: Tuksedo Studio)

Trofi yang dibuat pun tidak menggunakan bahan mahal seperti emas ataupun permata, tetapi memakai bahan aluminium yang melambangkan sifatnya yang ringan dan kekuatan yang tepat untuk menopang kecepatan, sesuai dengan semangat balap dunia. Terlebih, bahan-bahan dari aluminium adalah material utama Tuksedo Studio dalam membuat karya mobil klasiknya sehari-hari.

Adapun, secara umum, corak motif lokal yang terdapat pada trofi yakni pola siluet Sirkuit Mandalika yang menjadi ciri khas dari gelaran MotoGP 2022. Sementara bagian sampingnya, ada motif batik yang menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia.

“Kepercayaan yang diberikan kepada kami dari Dorna Motorsport ini merupakan bukti para seniman dan pekerja lokal memiliki kapasitas yang mumpuni untuk merancang dan membuat langsung dengan tangan sendiri sebuah karya seni berkelas dunia,” tulis Tuksedo Studio.


Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Ungkapan Cinta Sal Priadi untuk Keluarga dalam Maxi-single "Markers and Such"

BERIKUTNYA

Dewa 19 Rilis Aplikasi Karaoke dengan Royalti Transparan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: