Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash/Micheile Visual)

6 Tips Praktis Biar Tambah Melek Finansial

18 March 2022   |   19:58 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kebebasan finansial atau financial freedom adalah impian semua orang. Istilah itu secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah kondisi di mana seseorang sudah mencapai titik aman dalam kondisi keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Mencapai situasi kebebasan finansial tentulah bukan hal yang mudah dan perlu berbagai upaya. Untuk sampai ke sana, langkah dasar dan paling awal yang perlu dimiliki oleh seseorang adalah kondisi melek finansial atau terliterasi. 

Menurut Gerakan Literasi Nasional, pengertian melek finansial adalah kecakapan dalam mengaplikasikan pengetahuan terkait konsep dan risiko, sehingga mampu mengambil keputusan efektif terkait finansial agar kesejahteraan finansial meningkat. 

Dikutip dari pernyataan resmi OCBC NISP, berikut ini adalah beberapa tips praktis yang bisa diterapkan untuk mewujudkan melek finansial.
 

1. Pelajari hal-hal terkait dunia keuangan 

Tips pertama mewujudkan melek finansial mau tidak mau adalah dengan mempelajari hal-hal terkait dengan dunia ini. Kita tentunya tidak perlu mengambil jurusan perkuliahan untuk itu, karena saat ini ada banyak kanal dan medium yang bisa dimanfaatkan. 
 

2. Biasakan merencanakan keuangan tiap bulan 

Membuat perencanaan keuangan secara rutin itu susah-susah gampang. Tapi cobalah untuk membiasakannya secara berkala sehingga lebih terbiasa. Ini akan membantu kita lebih hati-hati dan disiplin membuat pengeluaran. 
 

3. Ingat target yang ingin dicapai 

Membuat tujuan keuangan adalah sebuah keharusan, kemudian mengingat dan mempertahankannya untuk diwujudkan juga perlu terus dipastikan. Ini diharapkan bisa menahan keinginan menghamburkan dana yang dimiliki. 
 

4. Prioritaskan kebahagiaan jangka panjang 

Investasikan dana dan kebahagiaan secara jangka panjang. Dengan demikian, kita akan berpikir berulang kali untuk melakukan sesuatu di masa kini yang barangkali tidak terlalu penting atau bermanfaat. Mindset ini juga penting untuk mencapai kebebasan finansial. 
 

5. Siapkan tabungan dana darurat 

Sebelum melakukan investasi lebih lanjut, sangat disarankan memiliki dana darurat. Dengan begitu, kita bisa mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi kebutuhan pengeluaran yang tidak disangka-sangka. Jika memang tidak ada apa pun, dana tersebut tetap bisa menjadi tabungan. 
 

6. Belajar investasi secara konsisten 

Investasi merupakan hal yang penting untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Kendati begitu, perlu pengetahuan dan pemahaman yang cukup supaya bisa berinvestasi dengan baik. Maka konsisten belajar investasi dari berbagai sumber terpercaya. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenali 3 Faktor Risiko Gangguan Paru-paru pada Mantan Pasien Covid-19

BERIKUTNYA

Simak Profil Mario Suryo Aji, Pembalap Indonesia yang Berlaga di Moto3 Mandalika

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: