Presiden Joko Widodo (kiri) & Mario Suryo Aji (kanan) di Istana Negara Jakarta. (Sumber gambar: Astra Honda Racing Team)

Simak Profil Mario Suryo Aji, Pembalap Indonesia yang Berlaga di Moto3 Mandalika

18 March 2022   |   21:49 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah rombongan pembalap dunia yang mengikuti Parade MotoGP Mandalika 2022 di Jakarta beberapa hari lalu, ada pembalap muda Mario Suryo Aji. Bersama dengan 18 pembalap lainnya, Mario menyusuri jalan protokol menuju Bundaran HI dan berakhir di Hotel Kempinski.

Bukan tanpa sebab, nama Mario Aji sendiri menjadi perbincangan setelah dia berhasil berlaga di Kejuaraan Dunia Moto3 bersama Honda Team Asia. Pada kejuaraan itu, Mario Aji menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang ikut berlaga.

Mario Aji tampil cukup baik ketika balapan di seri pembuka kejuaraan dunia Moto3 2022 yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 6 Maret 2022 lalu. Pembalap berusia 18 tahun itu sukses melahap 18 putaran penuh.

Sayangnya, pada hari pertama sesi latihan bebas MotoGP kelas Moto3, yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (18/3/2022) lalu, Mario tertinggal jauh dari pembalap-pembalap lainnya. 

Pada sesi pertama yang berlangsung pagi hari, Mario Aji menempati posisi ke-26 dengan catatan waktu 1 menit 54.223 detik. Pembalap Honda itu tertinggal jauh dari Alberto Surra, pembalap Rivacold Snipers Team. Surra yang juga menggunakan Honda, mencatat waktu terbaik 1 menit 51,050 detik.

Memasuki sesi kedua, Mario Aji menunjukkan hasil yang lebih baik. Dia berhasil memperbaiki catatan waktunya di sesi pertama dengan torehan 1 menit 42.336 detik atau lebih cepat 14 detik dari FP 1. Hasil ini membuat posisi pembalap jebolan kejuaraan FIM CEV itu naik ke urutan ke-23. 
 

(Baca juga: Cek Aturan Lengkap Nonton MotoGP Mandalika )

Lahir di Magetan, Jawa Timur, 16 Maret 2004, Mario Suryo Aji adalah pembalap lulusan dari Astra Honda Racing School (AHRS). Selepas program tersebut, performa Mario Aji semakin berkembang. Pada 2017, dia mulai mengikuti ajang Thailand Talent Cup, termasuk berlaga di ajang Idemitsu Talent Cup pada 2018.

Setelah itu, Mario Aji turun di ajang balapan Asia Talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada 2018.

Di ajang balap ATC dan ARRC kelas AP250, kemampuan Mario Aji terus berkembang. Kemudian pada 2019, dia didapuk oleh AHRT untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship.

Mario Aji juga pernah mengaspal di kejuaraan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pada 2021, dia sempat mendapatkan kesempatan turun di dua seri Moto3, yakni Emilia-Romagna dan Algarve Grand Prix.

Pada 2022, Mario Aji akhirnya mendapat kesempatan turun semusim penuh di Moto3 2022 untuk Honda Team Asia Jepang.

Dalam balapan Moto3 sepanjang tahun 2022, Mario Aji akan tampil dalam 21 seri di 16 negara, termasuk Indonesia yang saat ini tengah berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

6 Tips Praktis Biar Tambah Melek Finansial

BERIKUTNYA

Kolaborasi Seniman Lokal Sulap Terowongan di Sirkuit Mandalika Jadi Keren

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: