Ilustrasi mental (Sumber Gambar. Unsplash/Total Shape)

7 Cara Mengatasi Kelelahan Mental, Salah Satunya Berkata Tidak

15 March 2022   |   11:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kelelahan bukan hanya terjadi secara fisik tetapi juga mental. Salah satu indikasinya, yakni kehilangan konsentrasi dalam mengerjaan tugas dan pekerjaan, atau merasa lelah sepanjang hari walau sudah beristirahat dengan cukup.

Mengutip laman Yayasan Pulih, kelelahan mental merupakan keadaan psikologis yang disebabkan oleh aktivitas kognitif yang berkepanjangan dan dicirikan dengan perasaan subjektif, seperti kelelahan dan kekurangan energi.

Kelelahan mental ini bisa saja timbul setelah kalian melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi atau ketika merasa sangat stres dalam jangka waktu yang lama. 

Nah, agar energi mental kalian tidak terkuras habis, begini kiat yang dibagikan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS Pondok Indah Zulvia Oktanida Syarif:
 

1. Jaga batasan personal

Jaga batasan antara diri kalian dan orang lain. Hal ini penting agar kalian tidak larut dengan perasaan dan permasalahan oarng lain. Sebaliknya, orang lain tidak bisa semena-mena ikut campur dengan perasaan dan urusan kalian. 
 

2. Sosialisasi yang penting saja

Saat bersosialisasi kadang kita bisa lelah. Jangan paksakan diri kalian untuk hadir di semua acara, aktif di semua kegiatan, serta eksis di manapun dan kapan pun. Pilih kegiatan yang penting dan datangi acara berisi orang-orang yang membuat kalian nyaman. 
 

3. Prioritas kebutuhan dasar

Buat daftar skala prioritas kebutuhan dasar kalian seperti makan dan beristirahat. Setelah semuanya terpenuhi, kalian bisa melanjutkan dengan kebutuhan lainnya.
 

4. Atur ekspektasi

Ekspektasi yang terlalu tinggi bisa membuat kalian terfokus pada hal tersebut dan akhirnya menguras banyak energi mental. Oleh karena itu, atur ekspektasi kalian sewajarnya saja.
 

5. Berkata tidak

Rasa tidak enakan terhadap orang lain alias people pleaser mungkin menjadi salah satu kebiasaan kalian. Namun demikian, hal ini dapat membuat energi fisik dan mental kalian justru terkuras. Sesekali berkata tidak saat kalian tidak mau atau tidak minat akan sesuatu itu wajar. 
 

6. Detoks

Detox dirimu dari media sosial, gawai, hingga hubungan toxic. Batasi durasi, frekuensi, intensitas, atau cobalah off atau berhenti dari aktivitas tersebut selama beberapa waktu. 
 

7. Recharge

Ambil jeda dari pekerjaan, atau kalian bisa mengajukan cuti untuk beristirahat hanya sekadar untuk memanjakan diri, bersantai, melakukan relaksasi, hingga berlibur. Untuk mengisi kembali energi kalian, jangan lupakan ibadah juga ya. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jangan Salah, Ini Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

BERIKUTNYA

Cek Syarat Lengkap Perjalanan ke Singapura

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: