ilustrasi kameramen mengambil gambar (sumber gambar: Pexels/ Lê Minh)

Menanti Jane Campion dalam Ajang Piala Oscar

14 March 2022   |   21:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sutradara Jane Campion kembali mencatatkan namanya sebagai peraih penghargaan. Setelah berhasil memenangkan penghargaan 74th Director Guild of America (DGA) Awards untuk Outstanding Directorial Achievement in Theatrical Feature Film, sang sutradara berhasil meraih penghargaan sutradara terbaik dalam EE British Academy Film Awards 2022.

Mampukah Campion melanjutkan kemenangannya dalam Piala Oscar?

Dilansir dari laman bafta.org, Campion meraih penghargaan sutradara terbaik dalam ajang ke-75 tersebut untuk film The Power of the Dog yang juga meraih penghargaan film terbaik dalam ajang yang sama. Dalam ajang DGA Award, sang sutradara juga berhasil meraih penghargaan untuk film The Power of the Dog. 

Kemenangan Campion dalam ajang EE British Academy Film Awards 2022 menjadikannya wanita ketiga yang memenangkan penghargaan untuk kategori sutradara terbaik dalam ajang ini. 

Kemenangan Campion dalam EE British Academy Awards 2022 sebagai sutradara terbaik setelah sang sutradara mengalahkan nama-nama seperti Aleem Khan, Ryûsuke Hamaguchi, Audrey Diwan, Paul Thomas Anderson, dan Julia Ducournau.

Setelah DGA Award dan EE British Academy Awards 2022, dalam waktu dekat atau pada 27 Maret 2022, akan ada ajang bergengsi bagi para sineas film dunia, yakni Piala Oscar. 

Salah satu kategori penghargaan yang akan diperebutkan dalam ajang bergengsi bagi sineas film itu adalah sutradara terbaik. 

Berdasarkan laman Oscars.org, nama Jane Campion kembali menjadi salah satu nominasi  dalam perebutan penghargaan sutradara terbaik tahun ini.

Sang sutradara akan bersaing dengan Kenneth Branagh dengan film Belfast, Ryusuke Hamaguchi dengan Drive My Car, Paul Thomas Anderson dengan Licorice Pizza, dan Steven Spielberg dengan West Side Story

Dalam catatan Hypeabis.id, para pesaing sang sutradara dalam nominasi Piala Oscar tidak jauh berbeda dengan ajang-ajang yang dimenangi seperti DGA Awards dan EE British Academy Awards 2022. 

Nama-nama seperti Steven Spielberg, Ryûsuke Hamaguchi, dan Paul Thomas Anderson adalah nama-nama yang sebelumnya juga muncul. 

Untuk diketahui, dalam Hollywood Reporter, film The Power of Dog adalah film garapan apik sang sutradara setelah feature terakhir dalam 12 tahun terakhir. 

Film ini disebutkan sebuah karya yang sangat idiosinkratik, tidak dapat diprediksi, dan hidup dengan kompleksitas psikologis seperti apapun.

Film adaptasi dari novel Thomas Savage pada 1967 ini disebut sangat memukau bagi sutradara yang sebagian besar fokus pada investigasi forensik jiwa wanita.

Melalui film ini, para penonton dapat melihat bagaimana sang sutradara melakukan pergeseran tematik yang meyakinkan ke maskulinitas korosif dan seksualitas yang ditekan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ayu Dyah Andari Berbagi Cerita Proses Adaptasi Desain Fesyen selama Pandemi

BERIKUTNYA

Ini Pemenang International Booker Prize 2020 & 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: