Decentraland, salah satu gim berbasis blockchain (dok. Decentraland)

Selain Axie Infinity, Ini Gim yang Berpotensi Bawa Cuan 

11 March 2022   |   16:57 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Industri gim saat ini telah berkembang sedemikian rupa, salah satu implementasi yang marak belakangan adalah gim play to earn yang berbasis teknologi blockchain, memanfaatkan cryptocurrency (mata uang kripto) dan non fungible token (NFT). 

Gim play to earn secara gameplay tak jauh berbeda dengan gim-gim konvensional pada umumnya. Para pemain bisa melakukan pertempuran, membiakkan karakter, menyelesaikan misi, dan lain sebagainya. 

Hanya saja, tiap aktivitas tersebut akan menghasilkan mata uang di dalam gim yang nantinya dapat ditukarkan atau diperdagangkan menjadi uang seperti Dolar hingga Rupiah. Secara sederhana ini lah yang membuat gim-gim kripto dan NFT di namai play to earn atau bermain untuk mendapatkan sesuatu. 

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa gim berbasis blockchain ini umumnya juga memerlukan modal dengan nominal tertentu untuk dapat dimainkan. Selain itu, kondisi ‘penghasilan’ yang didapatkan juga sangat bervariasi dan bergantung pada banyak faktor. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa gim play to earn populer yang bisa jadi ladang cuan buat kalian : 

(Disclaimer : Judul gim yang ada dalam artikel hanya untuk memaparkan informasi, tidak untuk dijadikan sebagai saran investasi. Genhype disarankan melakukan riset lebih lanjut untuk menentukan gim yang akan dimainkan) 
 

1. Plant vs Undead 

 

(dok. Plantvsundead)

Ilustrasi. (dok. Plantvsundead)

Familiar dengan gim klasik Plant vs Zombie? Gim play to earn Plant vs Undead menerapkan pola permainan yang mirip dengan gim lawas tersebut. Di dalam gim, pemain akan mengelola sebuah kebun yang melawan monster untuk mendapatkan Light Energy (LE). 

Selain itu, koin LE bisa didapatkan dengan berbagai cara termasuk memanen benih, menyiram tanaman, dan menjalankan misi lain. Nantinya token LE ini bisa ditukar dengan token Plant vs Undead (PVU) yang telah diperdagangkan di bursa terdesentralisasi (DEXs). 
 

2. Gods Unchained 

 

(dok. Godsunchained)

Ilustrasi. (dok. Godsunchained)

Gods Unchained dikembangkan oleh tim yang mengerjakan penskalaan lapisan kedua Ethereum yang dikenal sebagai Immutable X. Jadi gim ini berjalan di kedua jaringan tersebut, alih alih Binance Smart Chain (BSC) yang umumnya populer untuk gim play to earn

Ini merupakan permainan kartu di mana pemain bertarung dengan pengguna lainnya menggunakan setumpuk kartu. Gim ini memiliki token kripto sendiri yang dikenal sebagai GODS dan telah memiliki transaksi yang besar. 
 

3. Illuvium 

 

(dok. Illuvium)

Ilustrasi. (dok. Illuvium)

Illuvium adalah permainan video bergenre role playing game (RPG) open world yang berjalan di jaringan Ethereum dengan gameplay pertempuran otomatis. Tugas utama pemain adalah memenangkan pertempuran, menyelesaikan pencarian, dan meningkatkan peringkat untuk mendapatkan token ILV. 

Illuvium juga mendapatkan perhatian pengguna karena telah terintegrasi dengan jaringan Immutable X yang punya biaya lebih rendah. Pengembang sejauh ini telah merilis token kripto mereka dan akan segera meluncurkan gim versi penuhnya dalam waktu dekat. 
 

4. Decentraland 

 

(dok. Decentraland)

Ilustrasi (dok. Decentraland)
 

Bagi para penggemar gim kripto, nama Decentraland mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Gim realitas virtual tiga dimensi ini memungkinkan pemainnya dapat menjelajah daratan, membuat avatar, dan konten sesuai yang diinginkan. 

Dunia Decentraland juga telah menjadi rumah bagi sejumlah perusahaan riil untuk mengembangkan metaverse mereka. Ini termasuk Atari, Samsung, Prager Metis, dan lain sebagainya yang menyiratkan bahwa gim memiliki daya tarik kuat. 
 

5. Pegaxy 

 

(dok. Pegaxy)

Ilustrasi (dok. Pegaxy)

Pegaxy merupakan gim balap kuda berbasis teknologi blockchain. Pemain akan melakukan balapan kuda bersama dengan 11 pemain lain (total 12 pemain) di mana tiga pemenang tiap balapannya akan menerima hadiah token gim VIS. 

Gim ini berjalan di jaringan Polygon dan memiliki sejumlah mekanisme seperti breeding untuk mendapatkan kuda baru dan renting atau menyewakan kuda yang dimiliki kepada pemain lain dengan imbalan koin kripto. Gim ini juga telah tersedia di perangkat seluler. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Elon Musk & Grimes Beri Nama Panggilan Y untuk Anak Kedua

BERIKUTNYA

Lenovo Resmi Jadi Official Partner Formula 1 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: