Poster Titanic/IMDB

Ini 5 Film Bencana Terlaris Sepanjang Masa

10 March 2022   |   19:49 WIB

Genhype suka film bencana atau disaster movie? Genre ini merupakan film yang menjadikan bencana sebagai subjek dan plot utama sebuah film. Bencana tersebut dapat mencakup bencana alam, kecelakaan, serangan militer/teroris atau bencana global seperti pandemi, serta bencana karena serangan alien.

Film ini kebanyakan menggambarkan perjuangan tokoh, keluarga atau sejumlah kelompok yang berjuang menghadapi bencana, baik yang sedang terjadi maupun yang akan datang.

Film ini menceritakan upaya mereka dalam menghindari, melarikan diri atau mengatasi bencana dan akibatnya. Genre ini menjadi terkenal selama  1970-an dengan dirilisnya film-film seperti Airport (1970), The Poseidon Adventure (1972), Earthquake (1974) dan The Towering Inferno (1974).

Kini dengan perkembangan teknologi film yang kian maju dan computer-generated imagery (CGI), film bencana menjadi lebih dramatis dengan detail kehancuran yang lebih realistis.

Berikut adalah 5 film bencana yang meraup pendapatan terbesar sepanjang masa di pasar Amerika Serikat dan Kanada, menurut Box Office Mojo.

Titanic

Titanic merupakan film  1997 karya sutradara dan penulis naskah James Cameron yang memang kampiun dalam membuat film kolosal, termasuk film terlaris global sepanjang masa, Avatar. Titanic dibintangi oleh Leonardo DiCaprio,  Kate Winslet, Billy Zane dan Kathy Bates.

Dalam Oscar 1998, Titanic memenangi 11 penghargaan termasuk dalam kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Cinematographi Terbaik, Kostum Terbaik dan lainnya. Sementara dalam Golden Globe 1998, film ini memenangkan empat kategori yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Musik Original Terbaik dan Musik Skor Terbaik.

Titanic bercerita tentang kisah cinta antara Jack dan Rose yang berasal dari status sosial berbeda di atas kapal RMS Titanic yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada tanggal 15 April 1912.

Film dengan biaya sekitar US$200 juta ini meraup pendapatan kotor US$$2,201 miliar secara global dan US$647,26 juta di pasar Amerika Serikat dan Kanada.

 

Independence Day/IMDB

Independence Day/IMDB


Independence Day

Film aksi fiksi ilmiah soal ancaman bencana dunia akibat serangan alien yang rilis pada 1996 ini disutradarai oleh Roland Emmerich dan dibintangi oleh Will Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum, Mary McDonnell, Judd Hirsch, Margaret Colin, dan Randy Quaid.

Film ini mengisahkan tentang kelompok warga Amerika yang berkumpul di gurun Nevada setelah serangan di seluruh dunia oleh alien yang memiliki teknologi lebih maju. Mereka akhirnya mampu mengetahui kelemahan alien tersebut dan bersama negara-negara lain di dunia, mereka melancarkan serangan balik pada 4 Juli, atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan di Amerika Serikat.

Film ini sukses secara finansial dengan meraup pendapatan kotor sebesar US$306,16 juta di pasar AS dan Kanada, dan sebesar US$817,4 juta untuk pasar global serta memenangi Academy Award untuk Efek Visual Terbaik dan juga masuk nominasi di Academy Award untuk tata suara terbaik.
 

Gravity/IMDB

Gravity/IMDB

Gravity

Film fiksi ilmiah Gravity dirilis pada  2013 yang disutradarai Alfonso Cuarón dan dibintangi oleh Sandra Bullock dan George Clooney sebagai antariksawan Amerika Serikat yang terdampar di luar angkasa setelah Pesawat Ulang-Alik mereka hancur di tengah orbit dan berusaha untuk kembali ke Bumi.

Film ini berkisah tentang perjuangan Dr. Ryan Stone yang dalam misi pesawat ulang-alik pertamanya menghadapi bencana sehingga pesawat ulang-aliknya hancur dan membuat kru lainnya di pesawat itu meninggal. Stone kemudian sendirian berusaha survive dan kembali ke bumi.

Film dengan estimasi anggaran US$$100 juta ini, mampu meraup US$274,092 juta di pasar AS dan Kanada, serta sebesar U$723,19 juta di seluruh dunia.
 

Twister/IMDB

Twister/IMDB

Twister

Twister adalah film bencana angin ribut tornado yang dirilis pada 1996 dengan sutradara Jan de Bont dari skenario oleh Michael Crichton dan Anne-Marie Martin, serta dibintangi oleh Helen Hunt, Bill Paxton, Jami Gertz dan Cary Elwes.

Film yang dikabarkan akan dibuat ulang ini bercerita mengenai sekelompok pemburu badai yang mencoba menyebarkan perangkat penelitian tornado selama serangan parah di Oklahoma, AS.

Twister mampu meraup US$241,83 juta di pasar AS dan Kanada dan total sebesar US$495 juta di seluruh dunia. Film ini juga masuk dalam nominasi Academy Award untuk Efek Visual Terbaik dan Suara Terbaik.
 

War of the Worlds/IMDB

War of the Worlds/IMDB

War of the Worlds

Film yang juga menceritakan soal bencana kehancuran dunia oleh serangan alien adalah War of the Worlds. Film aksi fiksi ilmiah yang rilis pada 2005 ini disutradarai oleh Steven Spielberg dan ditulis oleh Josh Friedman dan David Koepp, berdasarkan pada novel 1898 oleh HG Wells.

Film ini diproduksi bersama oleh Amblin Entertainment dan Cruise/Wagner Productions dan dibintangi Tom Cruise, Dakota Fanning, Justin Chatwin, Miranda Otto, dan Tim Robbins.  

War of the Worlds menceritakan seorang pekerja dermaga di Amerika yang berpisah dengan istrinya dan saat itu diminta untuk menjaga anak-anaknya. Namun, mendadak muncul serangan dari makhluk luar angkasa dan menghancurkan kota-kota dengan mesin perang raksasa mereka.

Film ini juga sukses secara finasial dengan meraup US$234,28 juta di AS dan Kanada dan lebih dari US$603 juta di seluruh dunia. Selain itu, War of the Worlds juga meraih tiga nominasi Academy Awards untuk Efek Visual Terbaik, Pencampuran Suara Terbaik, dan Penyuntingan Suara Terbaik.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Belum Cukup Uang Untuk Isi Rumah? Yuk Desain Satu Sudut Saja Terlebih Dahulu

BERIKUTNYA

Kasus Covid Terus Menurun, Indonesia Bersiap Menuju Status Endemi?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: