ilustrasi (sumber gambar: Arina Krasnikova dari Pexels)

Belum Cukup Uang Untuk Isi Rumah? Yuk Desain Satu Sudut Saja Terlebih Dahulu

10 March 2022   |   18:15 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mengisi atau mendesain rumah dengan furnitur setelah membeli rumah tersebut adalah kegiatan yang kerap kita lakukan ya Genhype. Namun, terkadang kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk mengisi atau mendesain seluruh isi rumah secara sekaligus.

Bagi Genhype yang mengalami kondisi tersebut bisa memulai dengan satu sudut di dalam rumah terlebih dahulu lho. Sudut rumah yang hendak kita pilih untuk diisi atau didesain tergantung dengan kebutuhan kita.

Dimas Harry Priawan, CEO & CO-Founder Dekoruma, menuturkan bahwa terdapat sejumlah pertimbangan yang harus diperhatikan oleh seseorang saat ingin mendekorasi atau mendesain salah satu sudut yang ada di dalam rumah.
 

ilustrasi penataan interior rumah

ilustrasi penataan interior rumah/Bisnis.com


Pertama, yang menjadi pertimbangan adalah bujet. Menurutnya, jangan sampai bujet yang dianggarkan untuk mendesain satu sudut di dalam rumah berlebih, terlebih pada masa pandemi Covid-19.

Kedua, adalah ukuran. Setelah bujet yang diperlukan untuk mendesain atau mendekorasi salah satu sudut ruangan tersedia adalah memastikan ukuran sudut yang ingin didesain. Langkah selanjutnya adalah memilih furnitur-furnitur atau interior yang dibutuhkan.

Psikolog Indah Sundari menuturkan sebuah ruangan atau sudut-sudut dalam rumah dapat memiliki banyak dampak pada cara seseorang bertindak, dan apa yang dirasakan, mulai dari menghadirkan sisi kehangatan, keamanan, kedamaian, sampai menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Aspek desain interior menjadi salah satu bagian yang melekat pada psikologi seseorang dan berpengaruh pada suasana hati penghuninya.

Dalam mendesain sebuah ruangan atau sudut dalam rumah, dia juga mengingatkan tentang psikologi warna dan interior lho Genhype. Dia menuturkan meletakkan barang-barang dengan warna kuning, putih, dan sebagainya memiliki dampak psikologis yang dapat berbeda-beda bagi individu.

Untuk mendapatkan rasa tenang di dalam rumah, warna kayu atau coklat adalah warna yang dapat memberikan ketenangan. Kemudian, individu juga dapat memberikan sesuatu yang berwarna hijau guna memberikan dampak lebih segar, dan membuat mood menjadi positif.

Dia menilai satu sudut di dalam rumah dengan warna – warna yang tepat dapat menjadi healing bagi individu ketika harus berada di rumah sepanjang hari seperti untuk bekerja dari rumah.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Wow.. 6 Bandara di Indonesia Dinilai Paling Higienis di Asia Pasifik

BERIKUTNYA

Ini 5 Film Bencana Terlaris Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: