Best new cookbooks for hunkering down during the pandemic. Peloton recalls pedals on 27,000 exercise bikes after reported injuries

Ilustrasi kesehatan pencernaan. (Dok. Ava Sol dari Unsplash)

3 Tips Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

08 June 2021   |   16:01 WIB

Asal kalian tahu ya kalau kesehatan pencernaan merupakan hal yang penting bagi keseluruhan kesehatan tubuh. Di dalam pencernaan, setidaknya ada triliunan bakteri dan berbagai mikroorganisme lain yang bermanfaat untuk keseimbangan pencernaan dan tubuh.

Menurut para ahli, kesehatan pencernaan penting karena pada dasarnya semua makanan yang dikonsumsi akan dicerna di dalam saluran pencernaan sehingga nutrisi dari makanan bisa disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

Dengan fungsi vital dari saluran pencernaan, menjaga kesehatan bagian ini juga penting agar tubuh terhindari dari berbagai penyakit baik fisik maupun mental.

Karena itulah, ini tiga tips yang bisa Genhype coba untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Simak yuk!

1. Makan makanan yang seimbang
Menjaga pola makan dengan berbagai makanan yang kaya gizi merupakan hal yang penting lho! Variasi menu makanan yang sehat bisa memengaruhi kesehatan pencernaan.

dalam menu makanan harus mengandung serat, probiotik, prebiotik, serta polifenol yang mampu menjaga kesehatan pencernaan sekaligus meningkatkan kerja pencernaan ketika memproses makanan.

2. Kenali beberapa mitos kesehatan
Seringkali dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang percaya dengan beberapa mitos terkait kesehatan pencernaan. 

Pertama, bakteri dalam pencernaan merupakan hal yang buruk adalah mitos. Faktanya, ada loh bakteri yang bermanfaat bagi pencernaan terutama dalam meregulasi metabolisme, memproses makanan, dan melindungi tubuh dari infeksi.

Kedua, probiotik merupakan mikroogranisme terbaik untuk kesehatan pencernaan adalah mitos. Padahal, kunci untuk menjaga kesehatan oencernaan adalah dengan pola makan yang bervariasi dan konsisten adalah yang utama.

Makanan yang bervariasi secara gizi justru akan menyehatkan tubuh karena ada berbagai macam zat yang membantu menyehatkan pencernaan.

Ketiga, buang air besar adalah hal yang normal dan optimal itu juga mitos. Menurut para ahli kesehatan pencernaan, buang air besar yang normal setidaknya terjadi minimal tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu.

Tapi bukan berarti hal ini bisa jadi patokan loh, karena yang justru perlu dikhawatirkan adalah ketika frekuensi buang air besar berubah ketika adanya perubahan yang signifikan.

3. Perhatikan penyebab ketidakseimbangan kesehatan pencernaan
Enggak hanya menerapkan gaya hidup yang sehat, tapi memperhatikan adanya berbagai penyebab ketidakseimbangan kesehatan pencernaan juga penting agar Genhype bisa mengatasinya. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan:
 
  • Konsumsi antibiotik memiliki potensi untuk memengaruhi komposisi dan keseimbangan berbagai mikroorganisme di dalam pencernaan karena bisa saja berdampak pada pertumbuhan mikroorganisme di dalam pencernaan.
  • Kurangnya olahraga juga bisa menyebabkan kesehatan pencernaan menjadi kurang seimbang, di mana hal ini disebabkan karena kurangnya variasi mikroorganisme dalam pencernaan. Sebab, olahraga bisa mendorong peningkatan ketahanan dan variasi komponen tersebut.
  • Stress bisa menjadi pemicu bagi berbagai penyakit, termasuk pencernaan. Kekurangan komponen dan variasi mikroorganisme dalam tubuh bisa berisiko jika seseorang mengalami stress sehingga diperlukan berbagai cara untuk mengelola stres seperti meditasi dan olahraga.
Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA
5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Kulit Kamu Lho
BERIKUTNYA
Ini Lho Cerita Owen Wilson Selama Syuting Serial Televisi Loki

Komentar

Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: