Ilustrasi (Sumber gambar: Soroush Karimi/Unsplash)

Viral, Brand Lokal di Paris Fashion Week Ternyata ...

07 March 2022   |   22:40 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Seminggu belakangan ini, media Tanah Air penuh dengan berita mengenai sejumlah label busana, kosmetik, desainer, bahkan brand kuliner mengikuti ajang perhelatan mode di Paris, Prancis. Dilihat dari hashtag Instagram beberapa artis dan influencer dengan jelas menorehkan Paris Fashion Week pada tagarnya.

Lalu, apa benar mereka mengikuti ajang Paris Fashion Week yang digelar pada 28 Februari hingga 8 Maret ini?

Sebagai contoh, salah satu artis yang juga owner dari brand skincare lokal Scarlett, Felicya Angelista seakan menyetujui hal ini. Dia tidak menyangka cita-cita kecilnya terwujud dalam pekan mode dunia tersebut.

"Doain supaya aku enggak keselengkat. Aku bakalan ada di runway. Waktu kecil punya cita-cita jadi model, ini jalan di Paris Fashion Week, aduhh," ujarnya dalam Instagram Live Scarlett, Minggu (6/3/2022).\

Bahkan  Leanne Marshall, Desainer busana asal Amerika Serikat yang berkolaborasi dengan MS Glow mengungkapkan rasa terima kasih dan bersyukur untuk semua pihak yang terlibat dan mendukung kolaborasi di unggahan Instagram pribadinya (@leannemarshallofficial).

“Un grand merci à tous pour la réalisation de ce défilé ??. ”Thank you to @msglowbeauty for this beautiful collaboration and show, my beautiful models, dressers, hair & makeup teams , @lagaleriebourbon and @riviereagency for making it all come to life. #parisfashionweek #pfw”, tulis Leanne di unggahan tersebut.

Namun saat ini, setelah Twitter heboh dengan foto-foto dan video dari fashion show ala Geprek Bensu, unggahan Instagram Story dari akun @mrluckyheng viral di media sosial karena mengkritisi desainer Indonesia yang mengklaim tampil di Paris Fashion Week. Padahal dalam jadwal dari akun Instagram resmi Paris Fashion Week, tak ada satupun nama desainer Indonesia. Demikian unggahannya pada Minggu (6/3/2022)

Terlebih brand-brand lokal itu mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun, ternyata sejak awal, Menteri Sandiaga Uno tidak mengklaim secara tegas brand lokal tersebut tampil di Paris Fashion Week 2022.

Dalam konferensi pers "GEKRAFS Paris Fashion Show" yang digelar pada 18 Februari lalu, Sandiaga Uno memanfaatkan momentum Paris Fashion Week untuk membangkitkan ekonomi.

"Ini adalah momentum bagi kita untuk tampil, memberikan sinyal dan momentum kebangkitan ekonomi kita. GEKRAFS dan teman-teman fesyen desainer adalah penggerak ekonomi yang membuka lapangan kerja yang luas. Sekarang masyarakat sedang sulit untuk mendapatkan peluang usaha dan lapangan kerja, tapi ekonomi kreatif justru memberikan peluang itu," ucap Menparekraf Sandiaga Uno.

Konferensi pers tersebut memang menulis Paris Fashion Show during Paris Fashion Week 2022. Brand lokal yang tampil di Paris Fashion Show terdiri dari SCARLETT x IKYK, Greenlight x Danjyo Hiyoji, 3 second x Ican Harem, La sabelle x Em En Hair Design, Brand no brand, Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu, Shademulsk, Shade Signature, Deskranasda Banjar Baru, serta Chayra by Tika Ramlan.

Sayangnya terjadi misleading informasi para brand yang mengklaim tampil di Paris Fashion Week 2022 sehingga membuat publik mengira brand tersebut benar-benar tampil di Paris Fashion Week 2022.

Sampai berita ini dipublikasikan, pihak Gekraf belum memberikan respons atas klarifikasi Hypeabis terhadap berita tersebut.

Begitu pula klarifikasi terhadap Juru Bicara Menparekraf Kawendra Lukistian hanya dibalas dengan pesan singkat. "Nanti ada penjelasan resmi dari Gekraf ya," tulisnya.

Sampai berita ini dipublikasin, tim Hypeabis.id pun masih menggali klarifikasi dari sejumlah brand lokal yang mengaku berpartisipasi dalam Paris Fashion Week 2022, dan belum ada satu pun yang memberikan penjelasannya. 

Adapun hasil penelusuran ke situs resmi Paris Fashion Week 2022 diketahui bahwa hanya dua brand lokal Indonesia yang benar-benar masuk peserta resmi, yaitu Sean Sheila sama Jewel Rock. Tetapi itu pun hanya di showroom, bukan di panggung pertunjukkan utamanya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Retno Marsudi Menlu Perempuan Pertama dari Keluarga Sederhana

BERIKUTNYA

Waduh, Netizen Ini Sebut Jenama Lokal Indonesia Bukan Bagian dari Paris Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: