Elden Ring (dok. Steam)

Gokil, Baru Dirilis Gim Elden Ring Sudah Dimainkan Hampir 1 Juta Orang

07 March 2022   |   15:37 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Permainan video role playing game (RPG) Elden Ring belum genap berusia 2 minggu sejak pertama kali dirilis pada 25 Februari lalu. Akan tetapi, gim yang mendapatkan sambutan positif ini telah memiliki jumlah pemain yang tidak sedikit. 

Berdasarkan data SteamDB Charts, Elden Ring telah dimainkan oleh hampir 1 juta orang secara bersamaan, tepatnya mencapai 944.190 pemain dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Jumlah tertingginya berada pada angka 953.426 pemain bersamaan di platform Steam. 

Dengan jumlah itu, gim yang dikembangkan oleh FromSoftware dan diterbitkan oleh Bandai Namco itu menempati posisi keenam sebagai gim paling banyak dimainkan secara bersamaan di platform populer video gim tersebut. 

Elden Ring kalah dengan judul-judul video gim populer yang telah eksis selama bertahun-tahun seperti PUBG: Battlegrounds dengan puncak pemain bersamaan mencapai 3,2 juta; CS:GO dengan 1,3o juta pemain; Dota 2 dengan 1,29 juta; dan Cyberpunk 2077 dengan 1,0 juta pemain bersamaan. 

Salah satu penantang terkuat Elden Ring untuk tahun ini adalah permainan video gim Lost Ark yang dirilis secara global pada 11 Februari 2022. Gim tersebut tercatat oleh SteamDB dimainkan secara bersamaan oleh 1,32 juta pemain. Menempatkannya di posisi kedua tertinggi. 

[Baca juga: Lost Ark jadi game kedua paling banyak dimainkan bersamaan di Steam

Kendati begitu, ini merupakan pencapaian yang mengesankan untuk permainan role playing game dark phantasy yang baru diluncurkan. Selain dari sisi jumlah penggunanya, gim juga mendapatkan skor atau nilai ulasan yang sangat baik. 

Elden Ring mendapatkan nilai 97 di platform Metascore dan menempatkannya sebagai salah satu gim dengan rating tertinggi. Begitu juga dengan agregator lain seperti OpenCritic yang mencatatkan 96 poin untuk gim tersebut. 

[Baca juga : Dapat ulasan positif, Elden Ring masuk daftar gim dengan rating tertinggi

Dalam perkembangan terbaru, Bandai Namco belum lama ini mengeluarkan peringatan tentang masalah penyimpanan gim di Steam Cloud. Bagi pemain yang mengalami problem ini, disarankan untuk memeriksa tanggal dan waktu pembaruan terakhir lalu pilih data tersimpan dan selesaikan sinkronisasi. 

Elden Ring sendiri merupakan permainan video gim aksi peran dengan latar dunia terbuka yang dibuat oleh Hidetaka Miyazaki bersama dengan penulis fantasi George R.R. Martin. Gim ini dirilis di platform Windows, PS4,PS5, Xbox One, dan Xbox X/S. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Seniman Otty Widasari, Latar Belakang dan Karyanya

BERIKUTNYA

Jadi Single Perdana dengan Label Baru, Jay Park Gandeng IU Rilis Ganadara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: