Lakon Sampek Engtay (Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation)

Ini Fakta-fakta Lakon Sampek Engtay yang Akhirnya Naik Panggung

07 March 2022   |   10:34 WIB

Setelah mengalami beberapa kali penundaan dalam dua tahun terakhir, lakon Sampek Engtay akhirnya dapat dipentaskan oleh Teater Koma pada 5-6 Maret 2022. Dengan menerapkan protokol kesehatan, pertunjukkan ini pada akhirnya menjawab kerinduan para pendukungnya.

Lakon Sampek Engtay dipentaskan di Ciputra Artpreneur, Ciputra World Jakarta. Pada 5 Maret 2022, lakon ini dipentaskan pukul 13.00 WIB. Kemudian lakon ini dipentaskan pada pukul 18.30 WIB pada 6 Maret 2022.

Berikut beberapa fakta terkait dengan lakon Sampek Engtay yang dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber:
 

1. Cinta & Isu Sosial


Lakon ini berkisah tentang Engtay, gadis dari Serang, yang ingin sekolah ke Betawi. Padahal, pada masa itu, perempuan dilarang untuk menempuh pendidikan atau sekolah. Dia lalu meyakinkan orangtuanya, dan menyamar sebagai laki-laki pergi ke Betawi.

Engtay bertemu Sampek saat tersesat di jalan. Saat itu, Sampek juga akan pergi ke sekolah yang sama dengan Engtay. Dari sini, cinta Engtay mulai bersemi.
 

2. Disadur dari Legenda China


Lakon Sampek Engtay merupakan lakon yang disadur oleh Teater Koma dari legenda China klasik Sampek Engtay yang digadang sebagai Romeo dan Juliet versi timur.

Legenda Sampek Engtay, disebutkan terjadi pada masa Dinasti Chin di dataran China. Cerita ini sudah ada di tengah-tengah masyarakat selama lebih dari 1.460 tahun.

 

3. Empat Kali Ganti Jadwal


Lakon ini, awalnya, akan dipentaskan pada Maret 2020. Namun, karena pandemi, lakon ini harus mengalami penundaan hingga 4 kali hingga akhirnya dapat dipentaskan pada akhir pekan kemarin.

 

4. Penyuntingan Naskah


Selain mengalami 4 kali pergantian jadwal, lakon yang ini juga ternyata telah mengalami penyuntingan ulang naskah. Langkah penyuntingan dilakukan guna mengurangi durasi lakon, dan disebut untuk memberikan pertunjukan terbaik bagi para penggemarnya.
 

5. 1.200 Orang Tetap Pegang Tiket


Selama 2 tahun penundaan, sebanyak 1.200 orang yang membeli tiket Sampek Engtay tetap menyimpan tiket mereka, dan antusias untuk menyaksikan lakon yang pada awalnya akan dipentaskan pada 2020 silam.
 

6. 50 Persen Kapasitas


Penyelenggaraan lakon Sampek Engtay yang berlangsung secara luring dilakukan di Ciputra Artpreneur, Ciputra World Jakarta pada 5-6 Maret 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan, dan hanya menghadirkan penonton sebanyak 50 persen dari kapasitas gedung.

Dengan kapasitas yang terbatas tersebut, sebagian besar penontonnya adalah mereka yang sudah
membeli tiket sejak 2 tahun lalu.

Editor: Nirmala
SEBELUMNYA

Ed Sheeran Jalani Proses Hukum Atas Kasus Hak Cipta Lagu Shape of You

BERIKUTNYA

Selebritas Indonesia Keliling Paris dengan Kapal Bateaux Mouches Bersejarah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: