Ilustrasi (dok. Pexels)

Penderita Gangguan Pernapasan Wajib Penuhi Hal Ini

06 March 2022   |   21:27 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gangguan pernapasan menjadi salah satu gejala yang dihadapi para pasien Covid-19. Tentu kondisi ini sangat tidak nyaman dan bisa saja berakibat fatal. Spesialis Gizi dr. Dedyanto Henky Saputra mengatakan pada kondisi ini, pemenuhan nutrisi menjadi hal penting. Idealnya asupan harus beragam yang terdiri dari nutrisi mikro dan makro.

Akan tetapi, sering kali kita secara keragaman tidak seimbang. Karbohidrat kebanyakan namun proteinnya kurang atau vitamin dan mineralnya tidak terkecukupi.

“Jadi orang sehat saja banyak porsi makan yang keragamannya tidak pas, apalagi bagi yang memiliki gangguan pernapasan, pastinya porsinya sering kali tidak terkecukupi, apalagi keragamannya,” ujar Medical General Manager PT Kalbe Farma itu. 

Kurangnya asupan nutrisi menurut Dedy dapat menyebabkan tubuh tidak bugar dan menimbulkan beragam penyakit, seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes.

Oleh karena itu, agar nutrisi terpenuhi, penting untuk mengatur porsi makan dengan memenuhi pedoman gizi seimbang mencakup nasi, lauk, sayur, dan buah yang mengandung nutrisi mikro dan makro.

Sebagai alternatif untuk mereka yang jarang memakan sayur dan buah, menurutnya bisa dipenuhi dengan suplemen makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral.

Product Manager Kalbe Mindo Fuji Gloria menyebut beberapa orang memiliki kesulitan makan, apalagi pada mereka yang sering kali mual atau muntah akibat  gejala penyakit. Begitu juga terhadap mereka yang terinfeksi Covid-19n varian omicron dengan gejala radang tenggorokan.

“Tidak mungkin dibiarkan tidak makan, jadi lebih praktis tinggal minum, seperti Pulmosol yang hanya  perlu dilarutkan dengan air. Gizinya cukup  sekali,” sebutnya.

Mindo menjelaskan Pulmosol adalah salah satu oral nutritional supplements (ONS) yang dibuat Kalbe yang diklaim dapat menguatkan massa otot pernapasan yang menurun akibat  infeksi, paparan asap rokok terus-menerus, atau gaya hidup lainnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Keanggunan Malaikat Dalam Resilience Karya Monica Ivena

BERIKUTNYA

7 Ide Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: