Lautan merupakan sumber kehidupan bagi umat manusia yang mencakup 70% planet bumi- Fransesco Ungaro (Unsplash)

Hari Laut Sedunia, Aksi Apa yang Bisa Dilakukan?

08 June 2021   |   08:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak kalau setiap tanggal 8 Juni diperingati sebagai World Ocean Day atau Hari Laut Sedunia. Peringatan yang digagas oleh organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kali ini mengusung tema “The Ocean: Life and Livelihoods”.

Lautan merupakan sumber kehidupan bagi umat manusia yang mencakup 70% planet bumi. Lautan juga menyediakan sekitar 80% keanekaragaman hayati dunia.

Belum lagi, laut adalah kunci ekonomi manusia dengan perkiraan 40 juta orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut pada tahun 2030.
 


Sayangnya, kondisi lautan kini semakin kritis. Menurut laporan PBB, 90% populasi ikan besar habis dan 50% terumbu karang hancur, manusia mengambil lebih banyak daripada yang dapat diregenerasi.

Kerusakan lingkungan laut akan menyebabkan kerusakan lingkungan lainnya. Menjaga agar ekosistem laut tetap sehat, berkelanjutan adalah satu-satunya cara agar melindungi dan melestarikan laut dan semua yang menopangnya.

Nah, melalui peringatan Hari Laut Sedunia, ada 5 hal yang bisa Genhype lakukan untuk turut bergabung dalam gerakan global melindungi lautan dan memastikan pasokan makanan laut yang berkelanjutan untuk masa depan. Simak yuk.

1.Beli makanan laut yang aman dan berkelanjutan
Populasi ikan global dengan cepat habis karena permintaan, hilangnya habitat, dan praktik penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan. Saat berbelanja atau makan di luar, bantu kurangi permintaan spesies yang dieksploitasi secara berlebihan dengan memilih makanan laut yang menyehatkan dan berkelanjutan.

2. Mengurangi penggunaan energi
Penggunaan energi seperti listrik dan bahan bakar fosil dapat berdampak bagi ekosistem laut. Kelebihan energi yang digunakan dapat menyebabkan hujan asam, sehingga bisa merusak laut. Sebaiknya kita mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu di siang hari dan mencabut alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Bisa juga mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

3. Kurangi penggunaan plastik
Laut di bumi saat ini sudah cukup tercemar karena banyaknya sampah plastik. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak menambahnya dengan mengurangi penggunaan plastik. Kita juga bisa mengganti bahan plastik yang biasa digunakan untuk kemasan produk dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

4. Bantu jaga pantai
Genhype suka menikmati kegiatan menyelam, berselancar, atau bersantai di pantai? Jelajahi dan hargai lautan tanpa mengganggu satwa liar atau mengambil bebatuan dan terumbu karang di dalamnya. Kita juga bisa berpartisipasi dalam pembersihan pantai setempat.

5. Tidak sembarangan memancing hewan laut
Banyak hewan laut memang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Namun, perlu diingat bahwa tidak semuanya adalah hewan yang bisa kita ambil seenaknya. Ada hewan-hewan laut tertentu yang harus dilindungi dan biarkan hidup di habitat aslinya. Kita bisa membantu melestarikan laut dengan membiarkan hewan laut tetap berada di ekosistemnya dan hanya mengonsumsi hewan laut hasil tangkapan para nelayan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 7 Tanda Bahwa Genhype Sudah Bertemu dengan Jodoh yang Tepat

BERIKUTNYA

Lebih dari 500 Koleksi Dior dari Perancang John Galliano Dilelang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: