Ilustrasi bermain gim (dok. Pexels/Rodnae Productions)

Laporan dari Google Ini Menunjukkan Kalau Orang Indonesia Makin Doyan Ngegame

02 March 2022   |   18:28 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Gim telah menjadi hiburan banyak orang, termasuk pada masa pandemi yang mengharuskan mereka lebih banyak berdiam diri di rumah. Bermain gim saat ini makin mudah diakses melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing. Selain itu konten bertema permainan video gim juga kian banyak dihadirkan para kreator konten. 

Hal tersebut terlihat dari laporan terbaru Google Year in Search 2021 yang secara umum menyatakan bahwa konten gim di Indonesia terus mengalami peningkatan. Penelusuran masyarakat di YouTube untuk semua konten gim meningkat hampir 30 persen. 

Lebih spesifik, minat penelusuran di platform video perusahaan untuk kata ‘Mabar Online’ meningkat 70 persen, karena ada makin banyak orang yang mulai menyukai konten bermain gim bersama dengan teman-teman. Mabar sendiri merupakan singkatan dari main bareng. 

Selain itu, minat penelusuran untuk kata ‘Kode Redeem’ di platform mesin pencari meningkat 280 persen. Ini merujuk pada kegiatan memasukkan kode dalam sebuah gim untuk mendapatkan hadiah tertentu. Google menyatakan salah satu gim yang paling banyak dicari redeem code-nya adalah Free Fire. 

Berdasarkan data tersebut, permainan multipemain daring Among Us yang popularitasnya meningkat selama pandemi masih menjadi istilah penelusuran yang paling populer di Google Indonesia sepanjang tahun lalu. Ini bisa dimaklumi mengingat gim terus terus melakukan pembaruan dan ekspansi ke berbagai platform.  

Adapun, tiga judul permainan yang minat penelusurannya meningkat adalah gim musikal Friday Night Funkin (meningkat 31 kali lipat), gim olahraga NBA 2k21 (meningkat 11 kali lipat ) dan gim battle royale Garena Free Fire (tumbuh 77 persen). 

Laporan Google Year in Search 2021 di Indonesia juga mengungkap wilayah teratas di dalam negeri yang melakukan pencarian informasi konten gim. Kendati tidak ada persentase yang lebih spesifik, tetapi menarik diamati bahwa pencarian banyak dilakukan dari wilayah yang beragam, tidak hanya kota/wilayah besar. 

Wilayah teratas di Indonesia yang paling banyak melakukan pencarian konten gim sepanjang tahun lalu adalah : 
  • Nusa Tenggara Barat 
  • Kepulauan Bangka Belitung 
  • Kalimantan Selatan 
  • Sumatra Selatan 
  • Daerah Istimewa Yogyakarta 
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Enggak Perlu Modal Besar, Ini 5 Franchise Jajanan Kekinian yang Cuan

BERIKUTNYA

Intip Outfit Preppy Jisoo BlackPink di Paris Fashion Week 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: