Ilustrasi perawatan rambut di salon (Dok. Freepik)

Kenali 4 Manfaat Perawatan Hair Botox

01 March 2022   |   21:12 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jika mendengar istilah botox, kamu pasti akan teringat dengan satu metode yakni toksin botulinum yang disuntikkan ke otot untuk membuat kulit bebas kerut. Namun hal itu tidak berlaku pada salah satu perawatan rambut yakni hair botox.

Meski dinamai botox, perawatan rambut satu ini tidak menggunakan toksin botulinum. Menurut ahli kulit kosmetik Michele Green, hair botox adalah perawatan deep conditioning yang bertujuan untuk memperbaiki serat rambut yang rusak, yang bisa diakibatkan karena stres dan suhu panas pada helai rambut.

Beberapa bahan yang digunakan dalam botox hair diantaranya minyak kaviar, antioksidan, vitamin B5, vitamin E dan kolagen kompleks.

Tidak seperti perawatan keratin yang hanya dikhususkan untuk rambut tebal dan keriting, Green menjelaskan bahwa hair botox aman digunakan untuk semua jenis rambut dan sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut umum seperti rambut bercabang, rambut menipis, rambut rusak dan kusam.

Hair botox dirancang untuk mereka yang memiliki rambut lebih sehat dan lebih tebal,” katanya dikutip dari Byrdie, Selasa (1/3/2022).

Meskipun hair botox kerap ditawarkan sebagai salah satu perawatan di salon, ini juga bisa dilakukan di rumah dengan beberapa produk yang direkomendasikan. Caranya, setelah mencuci dan mengeringkan rambut, formula deep-conditioning kemudian diaplikasikan pada tiap helai rambut secara merata.

Setelah 30 menit, bilas rambut dan keringkan untuk hasil yang lebih berkilau, lebih lembut dan halus.
 

Ilustrasi (Dok. Rodnae Productions/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Rodnae Productions/Pexels)


Menurut Green, berikut adalah beberapa manfaat perawatan hair botox.
 

1. Memperbaiki rambut rusak

Kolagen, salah satu bahan yang digunakan dalam perawatan hair botox, adalah protein yang sangat penting untuk rambut yang kering, patah, rapuh, atau rusak melalui proses kimia dan suhu panas seperti catok. 

Meski konsumsi protein dalam pola makan diet seimbang akan menjadi yang paling efektif, penggunaan kandungan protein yang baik untuk rambut  juga dapat diterapkan melalui perawatan dan penggunaan sampo.
 

2. Menambah kelembapan

Rambut membutuhkan kelembapan dan hidrasi agar tetap sehat dan bebas kerusakan. Perawatan deep conditioning seperti hair botox adalah kunci untuk melembapkan helaian rambut dan meningkatkan elastisitas.

(Baca juga: Potongan Rambut Layer Jadi Tren Gaya Rambut 2022)
 

3. Mengembalikan kelembutan dan kilau rambut

Jika rambut terlihat kusam, terasa kasar, dan membutuhkan minyak bergizi, perawatan deep conditioning ini juga dapat membantu mengembalikan kelembutan dan menambah kilau pada rambut.
 

4. Menghaluskan helai rambut

Hair botox juga dapat mengubah rambut yang paling rusak sekalipun menjadi helaian rambut yang lebih halus dan lebih lebat. Dengan begitu, rambut kusut akan lebih sedikit, berkat minyak yang membantu menjaga kutikula atau lapisan terluar batang rambut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Wow Poco Untung Besar di Pasar Smartphone Indonesia

BERIKUTNYA

Peneliti Temukan Kasus Baru Transmisi Covid-19 dari Rusa ke Manusia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: