Game Destiny (dok. Bungie Inc)

Ini 5 Game Termahal dalam Biaya Pengembangannya

28 February 2022   |   18:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Industri video gim terus tumbuh sedemikian rupa. Perangkat pendukung seperti komputer atau konsol yang juga terus berkembang dengan teknologi dan fitur canggih, menuntut para pengembang dan penerbit gim menghadirkan judul-judul yang bisa memanfaatkan segala keunggulan yang dimiliki. 

Pengembangan permainan video gim membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terlebih untuk gim-gim premium atau Triple A (AAA) yang dirancang dengan skala besar, detail yang memukau, plus fitur dan pola permainan yang kaya. 

Dilansir dari Game Designing, berikut ini adalah judul-judul yang pengembangannya membutuhkan biaya super mahal : 
 

1. Grand Theft Auto V (GTA V) 


Permainan video gim aksi petualangan GTA V dari Rockstar ini merupakan judul gim termahal yang pernah dibuat. Ini cukup mengejutkan mengingat gim tersebut dirilis pada 2013 atau hampir satu dekade lalu. Gim dilaporkan menelan biaya sebesar US$265 juta. 
 

2. Call of Duty: Modern Warfare 2 


Gim dengan biaya pengembangan termahal lainnya masih merupakan gim lawas, yakni Call of Duty: Modern Warfare 2 yang dirilis pada 2009 silam. Permainan video gim yang dibuat oleh Infinity Ward dan diterbitkan oleh Activision itu dikembangkan dengan biaya sebesar US$250 juta.
 

3. Star Wars: Old Republic 


Permainan video gim massive multiplayer online role playing game (MMORPG) Star Wars: Knights of the Old Republic merupakan salah satu gim waralaba terbaik. Ini dirilis pada 2011 dan dilaporkan menghabiskan biaya pengembangan senilai US$200 juta. 
 

4. Star Citizen 


Permainan video gim berjudul Star Citizen merupakan salah satu gim yang memakan biaya pengerjaan tidak sedikit, setidaknya sekitar US$180 juta telah dihabiskan. Yang menarik, gim yang diumumkan sejak 2012 silam itu hingga kini masih belum dirilis dan ada banyak isu yang melingkupi pengembangannya. 
 

5. Destiny 


Gim multiplayer first person shooter Destiny juga menjadi salah satu yang pengembangannya menghabiskan banyak uang. Seri waralaba dari pengembang Bungie Inc itu setidaknya telah menelan biaya US$140 juta ketika diluncurkan pada 2014 lalu. 

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ayah Bunda, Ini 6 Tips Mendampingi Anak saat Sekolah Hybrid

BERIKUTNYA

Rekomendasi Film Indonesia & Korea di Netflix Tayang Maret 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: