Sodd adalah sup khas Norwegia yang terdiri dari daging kambing dan sayur (Dok. tasteatlas)

10 Hidangan Khas Norwegia yang Menggugah Selera

23 February 2022   |   15:25 WIB

Menurut Indeks Negara Tersehat 2019 dari Bloomberg, Norwegia adalah negara tersehat kesembilan di dunia. Selama bertahun-tahun, pemerintah Norwegia telah berupaya untuk membuat warganya mengonsumsi makanan sehat dengan berbagai kebijakan.

Mengutip dari Norway Today, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah Norwegia adalah dengan menaikkan pajak gula sebesar 80% pada awal 2018, demi mengurangi konsumsi gula di negara itu sebesar 12,5% pada 2021.

Terbukti, orang-orang Norwegia dilaporkan rata-rata mengonsumsi gula sebanyak 27 kilogram setiap tahunnya. Angka ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan warga Amerika yang rata-rata mengonsumsi gula sebesar 34 kilogram setiap tahunnya.

Tak hanya itu, bisnis restoran Norwegia juga termasuk yang berkembang pesat di mana sekitar 11 restoran dengan predikat bintang Michelin ada di negara yang hanya berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

Baca juga10 Makanan Khas Belanda Selain Keju Gouda dan Ikan Herring

Lantas, makanan apa saja yang populer dari Norwegia? Berikut beberapa di antaranya melansir dari tasteatlas.
 

1. Sodd

Sodd adalah hidangan nasional Norwegia berupa sup yang biasanya terdiri atas daging kambing yang dipotong dadu, bakso, wortel dan kentang. Sup ini disajikan dengan kuah bening harum. Sodd umumnya dimasak pada acara-acara khusus dan perayaan yang dinikmati bersama roti pipih.
 

2. Farikal

Hidangan khas lainnya adalah farikal atau kubis domba. Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri atas daging kambing dan kubis rebus, yang biasanya disajikan dengan kentang rebus. Biasanya, farikal disajikan menjadi hidangan saat musim gugur.
 

3. Sour cabbage (surkal)

Meski populer di banyak negara Skandinavia, surkal secara tradisional dianggap berasal dari Norwegia. Didominasi dengan rasa manis dan asam, hidangan ini terdiri atas irisan halus kubis hijau atau merah yang direbus dalam cuka, gula, dan berbagai rempah. Biasanya, hidangan ini menjadi salah satu makanan wajib yang disajikan saat Natal.
 

y

Pinnekjott  atau iga domba (Dok. tasteatlas)


4. Skillingsboller

Skillingsboller kue gulung yang dibuat dengan kombinasi tepung, susu, ragi, telur, gula, kapulaga, banyak mentega, dan almond cincang. Setelah dipanggang, skillingsbolle diolesi dengan tambahan mentega pada bagian atas dan bawahnya selagi masih panas.

Bagian atasnya juga ditaburi gula ekstra dan kayu manis. Orang-orang Norwegia menyatap kue ini sebagai camilan sore dengan secangkir kopi.
 

5. Lapskaus

Lapskaus adalah semur tradisional yang biasanya dibuat dengan kombinasi daging sapi (domba, babi, atau ayam), bawang, kentang, wortel, seledri, rutabaga, kaldu, tepung, daun salam, thyme, garam, dan merica.

Daging sapi dimasak dalam air dengan sayuran dan bumbu. Saat rebusan dimasak, kaldu menjadi lebih kental, dan setelah konsistensinya tepat, disajikan hangat dengan beberapa potong roti. 
1
2


SEBELUMNYA

Tips Cermat Investasi di Kala Pandemi

BERIKUTNYA

Begini Desain Headset PlayStation VR2 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: