Ilustrasi (Sumber gambar: Samantha Gades/Unsplash)

9 Cara Memilih Cincin Pernikahan yang Sempurna

21 February 2022   |   15:01 WIB

Membeli cincin kawin bisa menjadi proses yang membingungkan, terutama karena sebagian besar orang mungkin belum pernah melakukannya. Ini berbeda dari belanja cincin pertunangan, karena kali ini, kalian membeli cincin untuk dua orang.

Jika Genype tidak tahu harus mulai dari mana—jangan khawatir. Toko perhiasan memiliki banyak cara untuk membantu pembeli mencari preferensi apa yang kalian suka, jadi jangan khawatir jika kalian tidak yakin apa yang diinginkan saat berjalan masuk ke dalam toko.

Toko perhiasan akan menunjukkan kepada kalian berbagai cincin kawin yang berbeda dengan logam mulia yang berbeda untuk membantu mempersempit pilihan. 

Baca juga7 Cincin Pernikahan dan Pertunangan Termahal di Dunia

Beberapa ahli perhiasan telah berbagi tentang cara memilih cincin pernikahan yang perlu diketahui sebelum kalian mulai membeli cincin pernikahan yang sempurna.
 

1. Temukan Gaya Personal

Genhype lebih suka emas putih atau kuning? Ada potongan berlian yang kalian sukai? Apakah gaya perhiasan yang kalian kenakan sehari-hari lebih trendi, tradisional, modern, atau timeless? Faktor ini bisa membantu kalian mencari cincin kawin yang tepat sesuai dengan gaya personal.

Pilih cincin yang mewakili gaya pribadi dan sesuatu yang kalian dan pasangan benar-benar sukai. Di beberapa keluarga sudah menjadi tradisi memberikan cincin kawin kepada keturunan selanjutnya.
 

2. Tetapkan Anggaran

Sebelum memilih cincin, kita juga perlu menetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Langkah ini tidak hanya membantu kalian menemukan pilihan cincin tapi juga untuk menghindari kekecewaan.

Berikan informasi anggaran kepada toko perhiasan agar mereka bisa membantu kalian menemukan pilihan yang sempurna. Batasan anggara bukan berarti kalian tidak bisa memilih cincin kawin impian.
 

3. Beli Cincin Lebih Awal

Pemilik toko perhiasan selalu menyarankan klien untuk mulai mencari cincin kawin setidaknya enam bulan sebelum tanggal pernikahan. Seperti pesta pernikahan, ada banyak proses perencanaan dalam tahap mencari cincin kawin yang tepat.

Hindari menunda-nunda mencari cincin kawin apalagi jika kalian berniat membuat cincin custom, proses ini akan memakan waktu lama. Kalian juga ingin melakukan survei ke beberapa toko perhiasan sebelum mengerucutkan pilihan.
 

4. Ajak Pasangan

Karena kalian berdua akan memakai cincin kawin, ini adalah kesempatan yang menyenangkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perencanaan pernikahan ini bersama-sama. Pemilk toko perhiasan selalu mengajak pasangan untuk datang berdua ketika berbelanja cincin kawin.
 

5. Sesuaikan Desain Cincin dengan Gaya Hidup

Apakah kalian menghabiskan waktu bekerja di meja sepanjang hari atau aktif bergerak? Jawaban dari pertanyaan ini dapat membantu kalian memilih cincin seperti apa yang harus dipilih.

Tungsten adalah pilihan yang baik untuk calon pengantin yang melakukan banyak pekerjaan dengan tangan mereka, karena tidak mudah tergores seperti logam lainnya. Titanium juga merupakan pilihan yang bagus untuk cincin kawin, karena tidak mudah bengkok atau tergores.

Untuk kalian yang aktif tapi tetap ingin memakai cincin yang berkilau, kalian bisa pertimbangkan cincin kawin dengan batu permata channel set.

Baca jugaHal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menghitung Biaya Pernikahan
 

6. Sematkan Tanda Personal di Cincin

Genhype mungkin pernah melihat ukiran halus di balik cincin kawin. Bisa dalam bentuk inisial nama pengantin atau tanggal pernikahan. Sentuhan personal ini dapat menambah nilai kenangan serta hanya dimiliki oleh pengantin dan pasangannya. 


Editor: Gita
SEBELUMNYA

9 Teh Terbaik di Dunia, Ada dari Indonesia

BERIKUTNYA

Serial Arthdal Chronicles 2 Akan Mulai Produksi pada Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: