Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

7 Cara Lalui Akhir Pekan dengan Berhemat

19 February 2022   |   20:06 WIB

Tahukah Genhype kalau akhir pekan adalah waktu di mana orang cenderung menjadi konsumtif? Orang-orang biasanya pergi keluar untuk shopping atau menghabiskan waktu seharian di rumah dengan memesan makanan dari restoran favorit.

Sebagian orang menganggap ini adalah bentuk self-reward setelah bekerja selama lima hari berturut-turut. Sesekali memberikan hadiah pada diri sendiri tentu tidak masalah, tapi kalau ini terjadi setiap akhir pekan? Ini justru menimbulkan kebiasaan boros.

Padahal, menghabiskan waktu di akhir pekan bisa dilakukan dengan menyenangkan tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Apalagi sekarang hampir semua kegiatan bisa dilakukan dari rumah.

Dengan menghemat pengeluaran di akhir pekan, anggaran tabungan kalian akan bertambah untuk keperluan lainnya yang lebih mendesak di masa depan.

Selain itu, kebiasaan baik ini akan melatih kita untuk tidak terbiasa menghamburkan uang untuk menikmati makanan enak atau hiburan seru.

Yuk ikuti tips hemat di akhir pekan berikut ini:

1. Susun meal plan untuk akhir pekan.
Cobaan untuk jajan pada akhir pekan sungguh berat. Mulai dari yang manis hingga yang asin semuanya ingin dicoba karena kita tidak punya cukup waktu di hari kerja. Untuk menahan godaan ini, kalian bisa menyusun meal plan mulai dari hari Jumat hingga Minggu. Beli bahan makanan secukupnya agar habis tepat di penghujung pekan. Kalau kalian malas masak, buat lauk dalam porsi besar lalu simpan di kulkas dan hangatkan ketika akan di makan. 

2. Habiskan waktu dengan alam.
Salah satu kegiatan seru tanpa mengeluarkan banyak biaya adalah menjelajahi alam. Kalian bisa berkendara dengan kendaraan umum supaya lebih hemat untuk mengunjungi pantai, bukit atau bahkan pergi ke hutan kota terdekat.

3. Hindari melakukan pembelian impulsif.
Outfit keren di halaman muka e-commerce, cokelat di depan kasir atau soda dingin semuanya sangat menggoda tapi juga akan menambah pengeluaran kalian pada akhir pekan. Hindari mengeluarkan uang secara impulsif dengan membawa uang tunai secukupnya ketika berbelanja atau hindari membuka aplikasi belanja ketika tidak diperlukan.

4. Bawa botol minum.
Kebiasaan satu ini akan menghemat ratusan ribu dari dompet kalian. Langkah sederhana ini bisa kalian terapkan ketika pergi rekreasi ke luar atau ketika pergi ke kantor. Harga air mineral memang terjangkau tapi kalau setiap hari mengeluarkan uang untuk itu, hitung berapa yang bisa kalian hemat dengan membawa botol sendiri. Di samping itu, kalian juga secara langsung telah menjaga kelestarian lingkungan.

5. Habiskan akhir pekan di rumah.
Seru-seruan dengan sahabat pada akhir pekan juga bisa kalian lakukan di rumah. Ada banyak aktivtias yang bisa dilakukan seperti olahraga, streaming drama Korea, memanggang kue, atau sekadar bercengkrama santai. 

6. Cari promo menarik.
Untuk Genhype yang ingin memberikan hadiah pada diri sendiri di akhir pekan, kalian harus rajin mengumpulkan informasi soal promo spesial pada akhir pekan. Apalagi saat ini sejumlah platform menjual voucher untuk makan malam mewah atau sesi spa yang menenangkan dengan harga miring.

7. Seduh kopi buatan sendiri.
Satu dari sekian pengeluaran yang sering dianggap remeh adalah segelas kopi mahal yang kita beli di kafe. Ketika menghabiskan waktu di rumah, usahakan untuk menyeduh kopi buatan sendiri. Selain lebih hemat, kalian bisa mengkreasikan rasa sesuai selera tanpa harus khawatir dengan tambahan biaya.


Editor: Indyah Sutriningrum
SEBELUMNYA

Kenali Pandemic Fatigue & Beberapa Kiat Mengatasinya

BERIKUTNYA

Cek Desain Terbaik dari NYFW Fall/Winter 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: