Makanan yang tepat akan membantu penyembuhan flu- Travis Yewell (Unsplash)

Makanan & Minuman Ini Bantu Percepat Redakan Flu

07 June 2021   |   08:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat sedang tidak enak badan hingga terserang flu, nafsu makan biasanya  akan berkurang. Namun, penting bagi seseorang untuk tetap makan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan begitu, tubuh jadi lebih kuat untuk melawan penyakit dan kesembuhan pun akan lebih cepat tercapai.

Setiap penyakit biasanya memiliki jenis makanan dan minuman tersendiri yang dianggap cocok untuk mempercepat penyembuhan. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat kamu sedang flu.

1. Makan makanan tinggi vitamin C, seng, magnesium, dan kalsium
 

engin akyurt (Unsplash)

engin akyurt (Unsplash)

Seorang dokter spesialis pengobatan alami Fred Pescatore mengatakan pada tanda-tanda pertama pilek, sebaiknya kamu memfokuskan untuk mengonsumsi dengan nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C dan seng telah lama menjadi nutrisi untuk pengobatan flu. Kedua nutrisi tersebut bukan mencegah seseorang untuk sakit, tetapi mereka dapat meringankan gejala. Selain itu, pastikan tubuh cukup magnesium agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

2. Suplemen

Christina Victoria Craft (Unsplash)

Christina Victoria Craft (Unsplash)

Saat kamu sakit, mungkin kamu akan kehilangan nafsu makan yang membuat tubuh menjadi sulit mendapatkan nutrisi untuk membantu pemulihan. Dalam hal ini, suplemen dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang kuat. Dokter Pescatore mengatakan salah satu nutrisi yang terbukti benar untuk memastikan pemulihan yang cepat dari flu adalah vitamin C. Selain itu, penelitian kecil juga menunjukkan bahwa suplemen flu dari elderberry, ginseng, dan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan mengurangi durasi penyakit flu.

3. Minum air, sup, dan teh bebas kafein
 

Bluebird Provisions (Unsplash)

Bluebird Provisions (Unsplash)

Selain makan dengan benar, minum yang cukup juga penting. Pilek dapat membuat kamu terkena dehidrasi, jadi minumlah banyak air dan hindari cairan yang dapat membuat kamu semakin dehidrasi.

Dokter Pescatore mengatakan hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi dan virus. Cairan seperti sup dan teh (bebas kafein) adalah pilihan yang terbaik. Hindari minuman seperti kopi, alkohol, dan jus buah yang dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Hal Ini yang Paling Bikin Dapur Terlihat Berantakan

BERIKUTNYA

Intel Rilis Prosesor Core Gen-11 & Modul 5G PC

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: