Ilustrasi (dok. Pexels/Cristian Dina)

Ingin Tingkatkan Engagement di Media Sosial? Begini Tipsnya 

13 February 2022   |   20:30 WIB

Media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang pada era modern dan digitalisasi seperti sekarang. Facebook, Instagram, TikTok, dan platform sosial lainnya kini juga telah memunculkan peluang baru yang didasari pada keterlibatan (engagement) konten dan si empunya dengan pengikut. 

Istilah seperti influencer, insta celeb, atau tiktok celeb merupakan satu hal menarik dari perkembangan sosial media. Mereka umumnya memiliki pengikut dengan jumlah yang besar dan konten-konten menarik yang mendapatkan perhatian banyak orang. 

Pun bagi kebanyakan orang pada umumnya, mendapatkan engagement dari konten yang dibuat untuk media sosial menjadi hal yang menyenangkan. Sayangnya, dengan makin banyaknya unggahan, tak mudah untuk mencapai hal tersebut. 

Lantas bagaimana caranya ‘lebih menghidupkan’ akun media sosial kita? Co-founder Chicexecs PR & Retail Strategy Firm, Nikki Carlson, mengatakan bahwa media sosial adalah tentang bersosialisasi dengan pengikut. 

Ini berarti bahwa kita sebagai pemilik akun harus membangun hubungan dengan orang lain di platform media sosial. Membangun hubungan, tegasnya, menjadi inti dari semua tindakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan engagement media sosial. 

Dia juga membagikan beberapa tips praktis yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut, sebagaimana dikutip dari Newsweek. Berikut selengkapnya : 

1. Manfaatkan video 

Video merupakan kunci penting untuk mendapatkan keterlibatan di media sosial. Pimpinan Instagram belum lama ini mengatakan bahwa platformnya saat ini tidak lagi menjadi aplikasi berbagi foto, tapi juga video yang lebih berkembang dan diminati. 

2. Mintai pendapat pengguna lain 

Jangan ragu untuk meminta pendapat kepada pengguna lain atau kepada pengikut tentang sebuah hal. Biasanya saat mengajukan pertanyaan atau meminta pendapat, mereka akan dengan senang hati memberikan informasi dan pandangannya yang bisa menjadi hal penting bagi konten ke depannya. 

3. Balas semua komentar 

Salah satu cara terbaik untuk mendorong percakapan dengan pengguna lain di media sosial adalah dengan membalas komentar, bahkan hanya dengan jawaban singkat. Ketika pengikut menyadari bahwa komentar mereka dibalas, ada rasa keterikatan yang lebih untuk mereka berkomentar lagi pada masa mendatang. 

4. Ikuti tren yang berkembang 

Tiap platform media sosial memiliki konten tren yang berbeda-beda, cobalah untuk memanfaatkan konten tersebut untuk meningkatkan engagement. Dengan mengikuti membuat konten yang mengikuti tren, ada kemungkinan jangkauan yang dihasilkan lebih luas dan mendatangkan pengikut baru. 

5. Ubah jadwal unggah konten

Jadwal mengunggah sebuah konten juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membangun keterlibatan pengguna di media sosial. Cobalah bereksperimen dengan mem-posting konten pada waktu berbeda dalam sehari, dan lihat waktu mana yang memiliki kinerja lebih baik dari yang lainnya. 

6. Tambahkan emoji ke unggahan 

Fitur emoji membuat unggahan konten lebih terasa berekspresi. Ini juga memberikan lebih banyak konteks ke konten yang dibuat. Ini telah diteliti secara ilmiah, sebuah studi menyebut bahwa menambah emoji ke konten Instagram dapat meningkatkan keterlibatan sebesar 48 persen. 

7. Bermitra dengan influencer

Kemitraan dengan influencer adalah cara yang efektif untuk membangun keterlibatan para pengguna, tak hanya dari pengguna sendiri tapi juga influencer tersebut. Dengan demikian, diharapkan bakal muncul engagement yang lebih tinggi dari kolaborasi tersebut. 

8. Komunikasi langsung dengan pengikut 

Pengguna lain cenderung senang mendapatkan perhatian, maka buatlah hal tersebut terjadi. Misalnya dengan menandai mereka di unggahan, jika membagikan konten buatan pengguna pastikan untuk menandai mereka. Ini menunjukkan bahwa kalian juga ingin terlibat dengan mereka. 



Editor: Roni Yunianto
 
SEBELUMNYA

'Lost Ark' Jadi Game Kedua Paling Banyak Dimainkan Bersamaan di Steam 

BERIKUTNYA

Resep Flourless Love Cake, Dessert Simpel untuk Hari Valentine

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: